Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Pemdes Pancur Jaya Gelar Pelatihan Keterampilan Dari Lidi Kelapa Sawit Bersama TP-PKK


Rupat, LHI.

Pemerintah Desa Pancur jaya Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis melalui PKK, Gelar Peningkatan 10 program PKK dengan melaksanakan Pelatihan keterampilan dari lidi kelapa sawit.

Ikut hadir dalam kegiatan ini, Hasan Basri,ST Kepala Desa Pancur Jaya, dr. Nelya Sasmita ketua TP PKK Pancur jaya, Sabsuandi, Amd Ketua BPD, Harman Syahputra dan Icha Inda Saputri Selaku Nara Sumber dari kota dumai, Herlina,A.Md Pendamping Ekonomi, Perangkat desa, Ketua Pokja PKK bersama Anggota dibalai pertemuan desa, Rabu (16/11/2022) Pagi.

Acara di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya bersama dan dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Kepala Dusun I Bapak Herman.

dr.Nelya Sasmita Ketua TP PKK Pancur Jaya pada kesempatannyan mengatakan "Kami Mengucapkan ribuan terimakasih kepada Pemerintah Desa Pancur Jaya karena talah mau memberikan anggaran dana dalam pelatihan keterampilan ini melalui dana bermasa tahun 2022."

Pelatihan keterampilan dari lidi kelapa sawit merupakan salah satu keterampilan dengan bahan baku yang mudah didapat yang tidak dimanfaatkan selama ini, Saya berharap kepada ibu-ibu nantinya akan membuat kelompok-kelompok kecil untuk membuat keterampilan ini secara aktif. Ujar Ketua TP PKK Pancur Jaya.

Acara resmi dibuka oleh Kepala desa Pancur jaya Hasan Basri,ST, dalam sambutannya mengatakan “Saya harap kepada ibu-ibu PKK agar focus dengan satu kegiatan hingga benar-benar menguasai materi,sehingga bisa dipasarkan, Jika akan melakukan pelatihan lagi di anggaran tahun 2023 silahkan yang terpenting, ilmu yang didapat pada pelatihan hari ini harus benar-benar kita kuasai dan berjalan sukses, barulah kita melakukan pelatihan yang lainnya”,  Ucap Hasan Basri.

Salah satu kendala dalam kegiatan keterampilan kita selama ini adalah bagaimana cara memasarkan hasil kerajinan tangan kita, nah di tahun 2022 ini  lanjut kades, kita akan bentuk unit bumdes pengambilan hasil dari produk Masyarakat desa pancur jaya sebagai pemasaran produk keterampilan dan kerajinan masyarakat desa, barang-barang keterampilan ibu-ibu nantinya akan dibeli oleh Bumdes dan akan dipasarkan, Semoga ini bisa membantu, Imbuhnya.

 

Acara dilanjutkan dengan praktek langsung secara bersama yang diikuti oleh seluruh peserta ibu-ibu PKK dalam mengayam keterampilan dari lidi sawit menjadi anyaman yang cantik dan berkelas dengan menggunakan bahan-bahan yang telah dipersiapkan sebelumnya dengan ditunjuk ajar langsung oleh bapak Harman Syahputra dan Ibu Icha Inda Saputri sebagai narasumber. (Suprapto)

Post a Comment

0 Comments