Danial; "Juni 2022 Penanda Mulainya Tahapan Pemilu Serentak 2024"

Banjar, LHI,- Jelang Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2024 serta Pilgub, Pilkada 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar gelar nonton bareng peluncuran tahapan Pemilu 2024 bareng Forkopimda, Parpol peserta pemilu Tahun 2019 di kantor KPU Hari Selasa (14/6).


Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlish menegaskan bahwa hal tersebut merupakan instruksi dari KPU RI tanggal 14  Juni 2022 kepada seluruh KPU Kota/ Kabupaten diwajibkan menyelenggarakan nobar peluncuran tahapan Pemilu 2024. 


Dani Danial menerangkan kepada LHI, peluncuran tahapan ini seiring terbitnya PKPU 3 Tahun 2022 tentang tahapan, program dan jadual kegiatan penyelenggaraan Pemilu Umum serentak Tahun 2024. 


"Mulai Juni hingga Desember mendatang sudah masuk tahapan penyusunan program dan anggaran. Lalu tahap penyusunan peraturan - peraturan KPU, beriringan dengan tahapan pemutakhiran daftar Pemilih, tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik." Urainya.


Dani Danial menegaskan, peluncuran tersebut sebagai penanda tahapan Pemilu 2024 telah dimulai yang beriringan dengan terbitnya PKPU nomor 3 Tahun 2022.


"Saya berpandangan bahwa tidak ada kesuksesan tunggal dalam penyelenggaraan Pemilu, tetapi yang ada adalah kesuksesan manunggal artinya bahwa kesuksesan penyelenggaraan Pemilu bersifat kolektif atas pelibatan Multi komponen yang bergerak dalam irama sinergi dan kolaborasi." Ujar Dani.


Ia mengungkapkan hal yang terpenting adalah kekuatan partisipasi dari masyarakat merupakan elan vital suksesnya Pemilu terselenggara. 


Sebagaimana ditandaskan dalam UU nomor 7 Tahun 2017 pasal 448 ayat 1 bahwa Pemilihan umum diselenggarakan dengan partisipasi masyarakat. 


Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlish berharap sesuai kewenangan wilayahnya untuk penyelanggaraan pemilu di Kota Banjar dapat berjalan sukses, aman, damai, lancar dan kondusif. Pemilu 2019 sudah jelas merupakan pengalaman berharga dan di Kota Banjar adalah satu-satunya Pemilu tanpa adanya sengketa baik selama proses berlangsung termasuk hasil dari Pemilunya. 


"Mudah - mudahan di Tahun 2024 mendatang, kita secara bersama -sama pula dapat mengulang kembali sejarah baik tersebut." Tutupnya. (E 14 Y)

Post a Comment

0 Comments