Masyarakat Desa Jadimuya Kec.Langkaplancar Merasa Sangat Terbantu Dengan Program Rutilahu


Pangandaran LHI

Program bantuan pembangunan rumah tidak layak huni (rutilahu) sangat dirasakan manfaatnya untuk warga Kecamatan Kramatmulya. Selain membantu pemenuhan rumah memadai warga, ini juga merupakan bagian dari program pengentasan kemiskinan.

“Kegiatan tersebut dengan anggaran yang bersumber dari Bantuan propinsi dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui  Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUTRPRKP) sangat  mendukung terhadap  upaya percepatan dan pemenuhan kebutuhan rumah.

Seperti halnya yang dirasakan oleh warga Desa Jadimulya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, pasalnya pemerintah Desa Jadimulya beserta masyarakatnya merasa bersyukur karena sudah terbantu oleh adanya program rutilahu.

Hal tersebut merupakan bagian dari program pengentasan kemiskinan serta peningkatan kebersihan maupun ketertiban yang ada di kawasan tersebut,” kata Kades Jadimulya H Karsidi yang memantau langsung pelaksanaan pembangunan rutilahu di wilayahnya.

Menurutnya,  pembangunan rutilahu tersebut dilakukan secara teknis oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), tegas Karsidi

Kuswaha selaku Ketua LPM Desa Jadimulya mengungkapkan, penerima  Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu)  untuk masyarakat Desa Jadimulya,  Kecamatan Langkaplancar saat ini sebanyak 70 unit, yang tersebar di beberapa dudun.

“Kami merasa bangga saat monitoring ke lapangan melihat rasa kebersamaannya dan partisipasi masyarakat begitu besar saat membantu  sesama tetangga, mulai dari bantuan tenaga, makanan dan lainya yang dapat meringankan beban pemilik rumah, pungkas Kuswaha.

Ditambah lagi, adanya semangat dan kesanggupan dari penerima bantuan, maka pembangunan rumah tersebut lebih cepat serta dapat diselesaikan dengan baik.

Untuk itu kami menyampaikan terimakasih atas kerja sama semua pihak, semoga semangat ini sebagai modal untuk membangun Desa Jadimulya khususnya agar lebih baik.

Di lokasi yang berbeda salah seorang warga penerima bantuan pembangunan rutilahu, Suryana , warga Dusun Mulyasari, RT 06,RW 06, Desa Jadimulya, menyampaikan terimakasih kepada pemerintah dengan adanya bantuan itu.  Sehingga rumah yang kondisi sebelumnya memprihatinkan, sekarang menjadi layak huni sehingga akan lebih nyaman saat dihuni.“Keluarga juga merasa terbantu sekali dengan adanya partisipasi sejumlah warga yang telah membantu, sehingga pembangunan lebih cepat dan bagus,” katanya. (AS)*

 

Post a Comment

0 Comments