DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

UPT PKM Batu Panjang Melaksanakan Rapat Koordinasi Bersama Pemdes Darul Aman.



Rupat, LH

Pada hari Selasa 05 Maret 2024, UPT PKM batu panjang melaksanakan rapat koordinasi bersama Pemerintah desa dan masyarakat Darul Aman terkait Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) di Aula Kantor Desa Darul Aman.Peserta yqng hadir tdd Pj. Kades Darul Aman Nurazmi,Pj. Ketua TP-PKK Erlinda,SE, Perangkat desa , bidan desa, Kader PKK dan Kader TPK. Tim UPT  Puskesmas Batu Panjang  Kepala PKM Batu Panjang yang diwakili  I Susi Srimili, Am. Keb,  Ahmad Choiri,  Jesica,  O.P dan Irma Sara P.

Sambutan Kades:  Kami dari  Pemerintah Desa sangat mengapresiasi dan selalu mendukung  kegiatan Dinas Kesehatan dalam hal ini UPT Puskesmas Batu Panjang  untuk mensosialisasikan Program P4K kepada masyarakat.

Narasumber: kegiatan ini dalam rangka sosialisasi dalam rangka menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) dari kementrian kesehatan republik indonesia (Kemenkes RI) meluncurkan program perencanaan  persalinan dan pencegahan (P4K).

Manfaat Program P4K yaitu: Mempercepat berfungsinya Desa Siaga, Meningkatnya cakupan pelayanan ANC sesuai standar (min : 6 kali kunjungan), Meningkatnya cakupan persalinan oleh tenaga kesehatan terampil, Meningkatnya kemitraan Bidan dan Dukun, Tertanganinya kejadian komplikasi secara dini, Meningkatnya peserta KB pasca persalinan, Terpantaunya kesakitan dan kematian ibu dan bayi, Menurunnya kejadian kesakitan dan kematian ibu serta bayi.

Kegiatan P4K meliputi: Mendata seluruh ibu hamil Pendataan jumlah ibu hamil di wilayah desa di lakukan secara teratur untuk updating, dan disampaikan pada setiap pertemuan bulanan; Memasang stiker di setiap rumah ibu hamil yang dilakukan setelah kunjungan, Setelah melakukan konseling, stiker diisi oleh bidan, kemudian stiker tersebut ditempel di rumah ibu hamil dan di berikan buku KIA supaya bisa dipahami isinya; Membuat perencanaan persalinan

Tujuan umum yaitu meningkatnya cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan bayi baru lahir melalui peningkatan peran aktif keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi dan tanda bahaya kebidanan bagi ibu sehingga melahirkan bayi yang sehat. Tujuan khusus antara lain: Terdatanya status ibu hamil dan terpasangnya Stiker P4K di setiap rumah ibu hamil yang memuat informasi tentang lokasi tempat tinggal ibu hamil, identitas ibu hamil, taksiran persalinan, penolong persalinan, pendamping persalinan dan fasilitas tempat persalinan, calon donor darah, transportasi yang akan digunakan serta pembiayaan; Adanya Perencanaan Persalinan, termasuk pemakaian metode KB pasca persalinan yang sesuai dan disepakati ibu hamil, suami, keluarga dan bidan; Terlaksananya pengambilan keputusan yang cepat dan tepat bila terjadi komplikasi selama kehamilan, persalinan, dan nifas; Meningkatnya keterlibatan tokoh mayarakat baik formal maupun non formal, dukun/pendamping persalinan dan kelompok masyarakat dalam perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi dengan stiker, dan KB pasca salin sesuai dengan perannya masing-masing.

Setelah memaparkan mengenai Program P4K , dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta yang hadir.(SUPRAPTO)****

 

Post a Comment

0 Comments