DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Polri Hadir Untuk Nelayan. Sat Polairud Polres Meranti Ajak Sukseskan Pemilu Damai

 



MERANTI
- Personel Sat Polairud Polres Kepulauan Meranti menggelar patroli sekaligus cooling sistem di wilayah perairan, Senin (22/01/2024). Dalam patroli, petugas memeriksa kapal-kapal nelayan yang tengah melakukan aktivitas dipinggir dan tengah laut.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Kurnia Setyawan SH SIK melalui Kasat Pol Airud Iptu Imbang Perdana,SH mengatakan giat ini dilakukan untuk mengingat masyarakat agar tetap mematuhi aturan serta tetap mengutamakan keselamatan saat berlayar.

"Patroli ini memeriksaan dokumen, kelengkapan keselamatan dan muatan pada Kapal yang berlayar. Serta himbauan tentang keamanan saat berlayar dan akibat hukum atas perbuatan tindak pidana dan pelanggaran di perairan. Giat cooling system merupakan upaya menjaga dan mencegah adanya potensi gangguan kamtibmas dengan cara melibatkan berbagai unsur dan komponen, sehingga kamtibmas dapat terjaga dan terkendali. Ini dilakukan oleh seluruh jajaran Polri demi terwujudnya Pemilu yang jujur, adil, aman dan damai," kata kasat.

Menurutnya, dengan cooling system ini merupakan langkah Polri khususnya Polres Kepulauan Meranti dalam turut menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif jelang Pemilu.

“Ini adalah langkah konkrit dari Polri yang turut serta dalam gelaran demokrasi, penting dan seharusnya situasi kamtibmas jelang pemilu itu aman dan kondusif, dan untuk menciptakan itu perlu adanya kerjasama dan peran serta dari berbagai pihak terutama masyarakat, untuk itu kami juga harapkan dukungan dan peran serta dari masyarakat untuk kita sukseskan Pemilu Serentak 2024,“ tambahnya.

Kasat Pol Airud Iptu Imbang Perdana SH juga menjelaskan tujuan dilakukan giat ini Sebagai antisipasi dini dan penanganan pertama tindak pidana, pencarian dan penyelamatan kecelakaan atau Search and Rescue (SAR) di wilayah perairan. Dan melakukan pembinaan masyarakat pantai atau perairan dalam rangka pencegahan kejahatan dan pemeliharaan keamanan di wilayah peraiaran.

Petugas juga mengimbau agar nelayan selalu mengutamakan keselamatan dalam melaut, seperti mengunakan life jaket dan tidak menggunakan alat tangkap ikan yang dilarang."Alhamdulillah, selama patroli berlangsung tidak ada ditemukan pelanggaran ataupun tindakan pidana," ujarnya.

Terlihat Masyarakat merasakan kehadirian Polri di tengah masyarakat sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat di wilayah perairan.(RAMLI ISHAK/ Humas Polres Meranti)

Post a Comment

0 Comments