DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Kenal Pamit Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Kurnia Setyawan Siap Lanjutkan Terobosan AKBP Andi Yul

 


SELATPANJANG
- Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar menghadiri acara Kenal Pamit Kapolres Kepulauan Meranti di Ballroom Hotel Grand Meranti, Sabtu (23/12/2023) malam.

Adapun Kapolres Kepulauan Meranti terbaru yaitu AKBP Kurnia Setyawan SH SIk yang sebelumnya menjabat sebagai Koorspripim Polda Kalimantan Timur menggantikan pejabat lama AKBP Andi Yul Lapawesean Tenri Guling SIk MH yang menjabat sebagai Wadir Polairud Polda Riau.

AKBP Andi Yul Lapawesean Tenri Guling dalam sambutannya mengatakan sangat berat meninggalkan Kepulauan Meranti, karena dirinya sudah merasa nyaman berada di tengah-tengah masyarakat.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada ulama dan tokoh masyarakat yang telah mendukung tugas Polres Kepulauan Meranti dalam menjaga kamtibmas.

"Berat rasanya saya meninggalkan Kepulauan Meranti, namun inilah tugas yang harus dijalani. Sudah 2,5 tahun saya berada di tengah-tengah masyarakat, orang tua dan rekan-rekan kami di kabupaten ini.

Saya bangga pernah bertugas di Kepulauan Meranti, karena ini merupakan karir saya pertama sebagai kapolres dan Alhamdulillah saya diterima dengan baik oleh masyarakat di sini dan diberikan bimbingan oleh para kiyai dan ustadz," ungkapnya.

Kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti dan personel, AKBP Andi Yul juga memohon doa restu untuk mengemban tugas baru sebagai wakil direktur Polairud Polda Riau.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf sebagai manusia yang tak luput dari kesalahan dan khilaf selama berdinas sebagai Kapolres.

"Saya memohon maaf apabila ada kata-kata saya salah dalam pergaulan maupun dalam kedinasan di masa jabatan saya sebagai Kapolres Kepulauan Meranti," kata AKBP Andi Yul.

"Sebagai manusia biasa, pasti saya waktu itu menjabat sebagai Kapolres Kepulauan Meranti mungkin tidak bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, tetapi saya berusaha maksimal untuk memberikan hal-hal yang positif dalam memberikan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian khususnya di Polres Kepulauan Meranti," ujarnya lagi.

Kepada AKBP Kurnia, Andi Yul menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bertugas sebagai Kapolres di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Saya mengucapkan selamat datang kepada Kapolres Kepulauan Meranti yang baru, abang saya Kurnia Setiyawan. Inilah Kami di sini di tanah jantan ini di Kota sagu yang tercinta, guyub kami semua dan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti mendukung kinerja kepolisian. Karena tanpa dukungan, soliditas dan kerjasama serta kolaborasi kita semua, Kamtibmas di Kabupaten Kepulauan Meranti tidak akan tercapai dan alhamdulillah ini ditunjukkan kepada orang tua kami semua di sini yang selalu membimbing kami sehingga kamtibmas yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti dapat kondusif, semoga kepemimpinan Abang selanjutnya insya Allah akan lebih kondusif lagi," ujar Andi Yul.

Ia juga menitipkan agar apa sudah dikerjakan bersama bisa dipertahankan kepada pimpinan baru, dan semoga menjadi lebih baik lagi. "Apa yang sudah kita bangun saat ini semoga dapat dilanjutkan oleh pejabat yang baru dan ini pasti butuh dukungan dari seluruh Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama kita membangun Kabupaten Kepulauan Meranti yang saat ini baru berusia 15 tahun, masih muda dan masih perlu kerja keras dari pemikiran-pemikiran kita semua untuk membangun Meranti yang maju cerdas dan bermartabat,"ucapnya.

AKBP Andi Yul juga mengucapkan terimakasih terhadap dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kepulauan Meranti. "Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati dan Pemda melalui OPD terkait yang telah banyak membangun fasilitas di Mapolres Kepulauan Meranti," tuturnya lagi.

Andi Yul yang memohon pamit untuk bertugas di tempat yang baru berharap

semoga hubungan silaturrahmi dan ikatan persaudaraan yang telah terjalin tidak terputus jarak dan waktu. "Saya beserta keluarga pamit undur diri dari Kabupaten Kepulauan Meranti, tetapi jangan sampai silaturahmi kita terputus karena saya masih berada di wilayah Provinsi Riau, jadi apabila ada hal-hal yang ingin mau disampaikan atau ada yang mau ditanyakan saya bersedia 24 jam untuk menerima keluarga besar di Kabupaten Kepulauan Meranti ini," pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Kurnia Setyawan meminta dukungan kapada masyarakat luas dan pemerintah daerah, beserta jajaran Forkopimda dalam menjalankan tugasnya di Kepulauan Meranti kedepan. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran Pemkab dan Forkopimda atas sambutan terhadapnya beserta keluarga diacara ini."Mohon izin Kakanda Bupati, prinsipnya kami siap untuk bertugas di sini. Kami Kulon Nuwun dan nitip diri sebagai orang baru bertugas di Kepulauan Meranti," ucapnya.

AKBP Kurnia Setyawan juga mengucapkan terima kasih kepada AKBP Andi Yul yang telah membuat terobosan yang luar biasa selama bertugas di Kepulauan Meranti, semoga dirinya bisa melanjutkan apa yang telah dicapai sebelumnya.

"Melihat selayang pandang adik asuh Andi Yul dan Mbak Ipha tadi sangat luar biasa. Beliau dengan berbagai terobosan prestasi di masa Covid, apalagi di Kepulauan Meranti yang memang gerbangnya dari Batam tentunya mobilitas yang sangat sibuk. Demografi Kepulauan Meranti yang terpisah-pisah oleh pulau yang kendaraannya mau tidak mau harus melalui perairan, namun atas dukungan Bapak Bupati dan segenap Forkopimda dan unsur masyarakat yang bersinergi dengan Pak  AKBP Andi Yul sehingga program-program yang menjadi target pemerintah dan kebijakan pimpinan Polri bisa tercapai. Terima kasih adik asuh Pak Andi Yul dan Mbak Ipha yang telah meletakkan landasan untuk kami selanjutnya inshaAllah amanah ini sebisa mungkin saya dan istri beserta keluarga akan meneruskan," kata AKBP Kurnia Setyawan.

Kepada para anggota, pria kelahiran Magelang, 12 Februari 1980 silam itu meminta dukungan agar dirinya bisa menjalankan amanah seperti yang telah dijalankan AKBP Andi Yul. Sehingga kebersamaan bisa terpelihara serta keamanan dan ketertiban bisa diwujudkan.

"Kepada seluruh anggota Terima kasih atas dukungannya, berkenan dukungan yang diberikan kepada Pak Andi Yul dan ibu Ipha juga bisa disampaikan kepada kami. Sehingga Polres Kepulauan Meranti nanti bisa tampil seperti yang diharapkan oleh masyarakat bisa memelihara keamanan ketertiban. Pada tahun politik ini, bagaimana kita untuk lebih meningkatkan kebersamaan seperti yang Bapak Kapolda sering sampaikan together we are strong, bersama-sama InshaAllah kita akan kuat bersama dukungan masyarakat," tuturnya.

"Sekali lagi saya Kurnia Setyawan yang kebetulan teramanahkan sebagai Kapolres Kepulauan Meranti yang baru menggantikan Bapak Andi Yul, izin Kulon Nuwun beserta dengan keluarga mohon diingatkan manakala nanti pada saat perjalanan ada hal-hal yang kurang. Kami juga akan berupaya apa yang sudah dilaksanakan Pak Andi Yul selama kepemimpinannya bisa Kami lanjutkan nanti dan kami mohon dukungannya dengan segala keterbatasan kami," pungkasnya.

Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar dalam sambutannya mengatakan AKBP Andi Yul selama tugasnya selaku Kapolres dikenal sebagai sosok pribadi yang ramah dan bersahaja. 

Selain itu dikatakannya bahwa AKBP Andi Yul juga selalu intens menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik, khususnya dengan pemerintah Kabupaten. "Kami menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada AKBP Andi Yul yang telah berhasil melaksanakan tugas di Kabupaten Kepulauan Meranti dan atas segala dharma baktinya yang telah diberikan dalam membantu dan mendukung program pemerintah daerah. Selain itu, dedikasi dan pengabdian selama bertugas di kabupaten ini terutama dalam mengayomi masyarakat dan kamtibmas tak dapat kita balaskan dengan kata-kata Semoga apa yang telah beliau bakti kan bernilai amal ibadah di sisi Allah," ujarnya.

Bupati juga mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih AKBP Andi Yul yang menjadi Kapolres terbaik tahun 2023.Penghargaan itu tidak terlepas dari dedikasi yang dilakukannya.

"Saya mengucapkan selamat kepada AKBP Andi Yul karena beliau ini telah terpilih sebagai Kapolres terbaik tahun ini dari 12 Kapolres dan Kapolresta jajaran di Polda Riau. Penghargaan ini tentu saja dipilih atas kerja keras seorang AKBP Andi Yul yang melaksanakan tanggung jawabnya dengan penuh semangat dan dedikasi yang tinggi serta penuh kepedulian di wilayah tugasnya," tuturnya.

"Sejak menjabat sebagai Kapolres Kepulauan Meranti pada 8 Agustus 2021

silam AKBP Andi Yul sangat banyak meluncurkan berbagai program inovatif terbaiknya yang dapat mempermudah masyarakat dalam menerima pelayanan. Kesan saya terhadap sosok Andi Yul beliau merupakan sosok pengayom yang simpati tegas dan responsif selama bertugas jadi Kapolres, beliau tidak hanya menjaga kamtibmas dengan melakukan respon cepat terhadap setiap kejadian, ia juga sangat ramah sehingga berhasil menjalin kerjasama dan kemitraan dengan Forkopimda, tokoh masyarakat dan wartawan dan berhasil meminimalisir konflik sosial seperti sengketa lahan dan lainnya," tukasnya.

Selanjutnya pada kesempatan yang sama Bupati juga menyambut baik kehadiran Kapolres Kepulauan Meranti yang baru, AKBP Kurnia Setyawan

Bupati berharap Kapolres yang baru, dapat bersama-sama dengan unsur Forkopimda dan seluruh masyarakat untuk tetap menjalin komunikasi, koordinasi dan kerjasama yang baik serta menjaga situasi Kamtibmas agar tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

"Atas nama pribadi maupun pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, kami mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada bapak Kurnia Setyawan, dengan bergabungnya Pak Kapolres Kurnia kami harapkan dapat melanjutkan komunikasi dan kemitraan yang harmonis dengan pemerintah daerah dan Forkopimda dalam upaya kita membangun kabupaten yang tercinta ini," kata Asmar.

"Pada kesempatan ini kami mengharapkan bapak Kurnia Setyawan dan keluarga bisa betah di Kabupaten Kepulauan Meranti. Inilah kabupaten termuda di Riau ini, dimana kita berada dalam fase yang menuntut kerja keras untuk mengejar berbagai ketinggalan dari daerah lainnya semoga Kapolres yang baru ini bisa melanjutkan dan meningkatkan kerjasama dengan seluruh komponen yang telah terjalin selama ini," ujarnya.  (PONIATUN/ Humas Polres)

 

 

 

Post a Comment

0 Comments