Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Bansos EL Nino Di Kota Banjar Cair Untuk 15.616 KPM

Banjar, LHI- Pj Wali kota Banjar Ida Wahidan Hidayati,S.E.,S.H.,M.Si., membuka kegiatan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai El Nino Periode Novomber-Desember Tingkat Kota Banjar Tahun 2023, yang bertempat di Kantor Pos Banjar, Kamis (21/12/2023).


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj Wali Kota Banjar, Kepala Dinas Sosial Kota Banjar, serta Exekutif Manager PT. Pos Cabang Banjar.


Dalam pidatonya, Kepala Dinas Sosial PPA Kota Banjar Hani Supartina, AKS.,M.Si.menyampaikan bahwa bantuan ini berasal dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial yang bagi masyarakat terdampak cuaca ekstreem. 


Untuk Kota Banjar, Kadinsos Kota Banjar menjelaskan bahwa ada 15.616 keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Banjar yang mendapatkan bantuan yang berdasarkan DTKS Kementrian Sosial,ujarnya.


"Penyaluran bantuan sendiri dilakukan melalui PT. Pos dan Himbara, di mana ada 1.144 KPM penyalurannya dilakukan melalui Kantor Pos dan 14.472 Himbara,"ucapnya.


Pj Wali Kota Banjar Ida Wahidan Hidayati menuturkan, bahwa pada tahun 2023 terjadi dampak fenomena alam El Nino di beberapa wilayah di Indenesia. Dijelaskanya, peningkatan suhu laut di Samundra Pasifik, telah memicu perubahan pola cuaca yang signifikan, memberikan dampak yang dirasakan oleh masyarakat.



"Untuk membantu masyarakat yang terdampak, Pemerintah Pusat meluncurkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino. Bantuan tersebut, disalurkan untuk meningkatkan daya beli masyarakat yang terdampak El Nino,"ucap Pj Wali Kota.



Lanjut mengatakan, bahwa setiap KPM akan menerima Bantuan sebesar Rp 400.000,- untuk bulam November-Desember 2023, yang penyalurnya dilakukan melalui Himbara dan Kantor Pos.



"Penyaluran bantuan El Nino ini tidak dipungut biaya ataupun potongan apapun. Saya juga mengapresiasikan kerja keras serta sinergi dengan PT. Pos Indonesia, di mana selama menyalurkan bantuan kepada KPM yang berada di pelosok daerah. Saya berharap dengan bantuan ini dapat bermanfaat bagi penerima dan dapat digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan sehari-hari untuk bapak dan ibu,"pungkas Pj Wali Kota. (Ade Aris) 

Post a Comment

0 Comments