DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Anton Charliyan Ketua Umum GNPP Prabowo Gibran, “Setuju Jika Hilirisasi Bisa Dilakukan Untuk Semua Sektor”


BANDUNG----
Setelah menyaksikan debat perdana cawapres yang digelar KPU pada Jum’at 22 Desember 2023, Anton Charliyan yang menjabat Ketua Umum Gernas GNPP Prabowo Gibran menanggapi paparan yang disampaikan Cawapres Nomor 2 Gibran Rakabuming Raka,terutama kaitannya dengan hilirisasi dalam semua sektor, penguatan SDM Digital dan Pembangunan IKN sebagai ibukota yang kondusif.

            “Kami setuju dengan paparan Mas Gibran mengenai  hilirisasi dalam semua sektor, penguatan SDM Digital dan pembangunan IKN sebagai ibukota yang kondusif.

Dalam debat cawapres tersebut, Mas Gibran mencanangkan tiga jenis hilirisasi industri yang melanjutkan warisan kebijakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), agar berkelanjutan,”jelas Anton Charliyan mantan Kadiv Hums Polri dan Kapolda Jabar ini.

            Anton sepakat bahwa hilirisasi bisa diterapkan di semua sector, tidak hanya di sector pertambangan saja.”Karena sektor industri di negara kita yang bisa dilakukan hilirisasi seperti hilirisasi  pertanian, perikanan, hilirisasi digital, dan yang lain-lain sebagaimana yang disampaikan Mas Gibran,”katanya

Anton Charliyan mengakui, bahwa program hilirisasi yang digencarkan Presiden Jokowi merupakan solusi yang cukup konkrit untuk direalisasikan. Terbukti, dengan adanya program hilirisasi tambang, terdapat peningkatan nilai tambah yang cukup signifikan. Dengan program hilirisasi nikel yang digencarkan, misalnya, Indonesia tidak boleh lagi mengirim bahan baku mentah ke luar negeri. Mengingat, kegiatan tersebut selama ini cukup merugikan Indonesia. Contoh nikel, dulu sebelum ada hilirisasi kita ekspor hanya US$ 3 miliar, sekarang setelah hilirisasi bisa jadi US$ 33 miliar. Ini soal nikel, belum termasuk tembaga, timah, dan lain-lain.   Bayangkan, jika hilirisasi bisa dilakukan untuk semua sektor," paparnya.

Sebagaimana diketahui, KPU menggelar debat perdana cawapres pada Jumat (22/12) malam. Cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming dan Mahfud MD akan beradu gagasan mengenai ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mencanangkan tiga jenis hilirisasi industri yang melanjutkan warisan kebijakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).Putra sulung Jokowi itu tak mau hilirisasi industri cuma terpaku di urusan pertambangan. Ia ingin lebih banyak lagi industri yang dihilirisasi di dalam negeri."Kita akan melanjutkan hilirisasi. Bukan hanya hilirisasi tambang, tetapi juga hilirisasi pertanian, perikanan, hilirisasi digital, dan yang lain-lain," kata Gibran di Debat Cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, Jumat (22/12) malam.

Gibran juga menyinggung hilirisasi industri digital. Pria yang kini berusia 36 itu ingin generasi emas Indonesia ramah dengan perkembangan teknologi."Kita akan siapkan anak-anak muda yang ahli artificial intelligence, anak-anak muda yang ahli blockchain, anak-anak muda yang ahli robotik, anak-anak muda yang ahli perbankan syariah, anak-anak muda yang ahli kripto," ucapnya. (REDI MULYADI)****

 

Post a Comment

0 Comments