DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Seluruh Polsek Jajaran Polres Meranti Terus Jalani Rutinitas Jumat Curhat


 


MERANTI - Seluruh Polsek jajaran Polres Kepulauan Meranti Polda Riau, Jumat (9/6/2023), kembali melaksanakan rutinitas Jumat Curhat untuk menampung keluhan, kritik maupun masukan dari masyarakat.

Seperti halnya giat Jumat Curhat oleh Polsek Merbau yang dilakukan bersama masyarakat serta Kepala UPT Puskesmas Teluk Belitung Apriadi Saputra SKm, di pelabuhan Kelurahan Teluk Belitung.

Kapolsek Merbau AKP Aguslan SH didampingi Bhabinkamtibmas Aipda Dodi Novrian, mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu melaporkan kepada pihak kepolisian setiap kejadian yang menonjol.

Ia juga menampung pertanyaan warga terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Dimana, masyarakat diminta untuknsegera melaporkan ke pihak kepolisian, babinsa dan aparat desa setempat apabila terjadi karhuta. Sehingga bisa ditangani segera secara bersama.

Selanjutnya, kegiatan Jumat Curhat Polsek Rangsang Barat berlangsung di kantin Barokah Desa Bantar bersama Kepala Desa Mulyadi SKom dan staf, masyarakat, petani, serta nelayan.

Kapolsek Rangsang Barat diwakili Ps Kanit Binmas Aiptu Tengku Ishak menerima curhatan warga  tentang ramainya anak-anak yang berkumpul di pinggir jalan

Pihak, kata Tengku Ishak, akan berkoordinasi dengan bhabinkamtibmas dan kepala desa agar mengingatkan pemuda atau pun anak-anak untuk tidak berkumpul di pinggir jalan, karena mengganggu pengguna jalan.

Begitu juga terkait saran warga tentang banyaknya hewan ternak yang berkeliaran di halaman rumah masyarakat, pihaknya akan menindaklanjuti melalui bhabinkamtibmas agar mengingatkan masyarakat untuk menjaga hewan ternak agar tidak berkeliaran.

Kemudian, Jumat Curhat Polsek Tebingtinggi Barat dilaksanakan di warung Amat, jalan Balai Kumbang Desa Mantiasa bersama Kepala Desa Muhajir dan masyarakat setempat.

Kapolsek Tebingtinggi Barat Iptu JA Lubis SHnMH didampingi Kanit Binmas Aiptu Suharyadi dan Bhabinkamtibmas Desa Maini Briptu Andre Anugraha SE, menampung pertanyaan warga terkait keamanan lingkungan.

Dimana, pihak Polsek Tebingtinggi Barat akan menjamin keamanan masyarakat dan dipersilahkan melaporkan apabila ada gangguan Kamtibmas, sehingga bisa dilakukan tindakan hukum.Selain itu, Kapolsek juga merespon pertanyaan masyarakat terkait upaya yang dilakukan apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Ia mengajak semua pihak terkait dan masyarakat bersama-sama mencegah terjadinya karhutla. Dan, meminta agar segera melaporkan ke pihak kepolisian, kecamatan, babinsa dan aparat desa setempat apabila terjadi karhutla, supaya dapat meminimalisir dengan segera.

Untuk giat Jumat Curhat Polsek Tebingtinggi dilakukan bersama tokoh masyarakat Kelurahan Selatpanjang Barat, serta pengurus Vihara  Sejahtera Sakti, jalan Ahmad Yani.

Kegiatan dilaksanakan Kapolsek Tebingtinggi AKP Gunawan SH didampingi Kasium Aipda P Sitepu, Kanit Binmas Bripka Romi Satria, Kanit Intelkam Bripka M Tuah Yazilis, Bhabinkamtibmas Selatpanjang Selatan Bripka Solehudin SE, Bhabinkamtibmas Desa Banglas Briptu Rozi Permanda SE, Bhabhinkamtibmas Kelurahan Selatpanjang Barat Briptu Ahmad Agung Sedayu SE

Dengan dihadiri oleh Lurah Selatpanjang Barat Sutrisno SE Sy MSi, Pengurus Yayasan Sosial Umat Beragama Budha Jusman, Ketua Yayasan Sosial Wihara Sejahtera Sakti Lim Peng Kun dan pengurus, serta tokoh masyarakat  Tionghoa.

Kapolsek mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kamtibmas dilingkungan masing-masing.Menyampaikan kepada masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada seperti KDRT, perkelahian dalam keluarga ataupun tetangga dilingkunganya sebaiknya diselesaikan terlebih dahulu di keluarga melalui perangkat Kelurahan (RT, RW), Linmas dengan melibatkan Bhabinkamtibmas.

Bilamana ditemukan adanya ancaman gangguan di masyarakat, pihaknya meminta agar segera menghubungi Bhabinkamtibmas ataupun langsung ke Polsek.

Ia juga menampung pertanyaan warga terkait persyaratan dalam pembuatan SIM. Karena masih masyarakat belum memiliki SIM dan tidak memahami prosedur pengurusannya.

Adapun tanggapan Kapolsek bahwa untuk membuat SIM, persyaratan sudah memiliki KTP dan berbadan sehat serta lulus dalam uji mengendara.

Sedangkan kegiatan Jumat Curhat Kapolsek Rangsang berlangsung di jalan Pelantar Desa Tanjungsamak bersama Kadis Perhubungan Piskot Ginting, Plh Camat Rangsang Budi Cahyadi SIp, KSOP Wilker Tanjungsamak SN Silaen, Danposmat Tanjungsamak Peltu Paruhum Siregar, Kabid Prasarana dan Keselamatan Dinas Perhubungan Ade JS Putra ST M Eng dan Kasi Keselamatan Dishub Hasrizal, Kades Dwi Tunggal H Fadil dan lainnya, serta sejumlah agen tiket kapal penumpang.

Giat tersebut dilaksanakan oleh Kapolsek Rangsang Iptu AGD Simamora, SH MH didampingi personel Bripka SP Silaen dan Brigadir Josman.

Plh Camat Rangsang, Budi menyampaikan bahwa pelabuhan penumpang Tanjungsamak untuk sementara terpaksa ditutup, karena akan dilakukan proses perbaikan dan akan pindah ke pelabuhan desa Dwi Tunggal.

Terkait penutupan dan pemindahan semetara pelabuhan tersebut, Kapolsek Rangsang mengatakan pihaknya selalu siap dan siaga untuk mengawal proses perbaikan pelabuhan maupun menjaga keamanan masyarakat pada saat di pelabuhan desa Dwi Tunggal.

Terkait sumber dana perbaikan pelabuhan desa Dwi Tunggal sebagai pelabuhan sementara turun penumpang, seluruh pihak bersangkutan telah sepakat dalam forum untuk menanggungnya secara bersama-sama. Baik itu dari Dinas Perhubungan, upika Kecamatan Rangsang, Kepala Desa Rangsang dan agen tiket kapal. (RAMLI ISHAK/ Humas Polres Meranti)

 

Post a Comment

0 Comments