DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Pemkab Lampung Barat Menerima 28 Mahasiswa UGM Laksanakan Kegiatan KKN



Lampung Barat,LHI

Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menerima 28 Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) bertempat di Ruang Rapat Pakuwon Aula Bappeda setempat, Senin (26/6/2023).

Kedatangan 28 Mahasiwa UGM tersebut bertujuan akan melakukan Kuliah Keja Nyata (KKN) di Pekon Padang Cahya dan Sedampah Indah Kecamatan Balikbukit.

Penerimaan 28 Mahasiswa dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M melalui Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Ismet Inoni didampingi sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Peratin.

Dalam laporannya, Prof. dr. Ova Emilia, M. Med. Ed., Sp. OG(K)., Ph. D rektor UGM dalam hal ini diwakili Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Wagiman, S.T.P., M.Si, dirinya menjelaskan  terdapat 28 Mahasiswa dari 18 Program studi akan mengabdi selama 50 hari di Kabupaten Lampung Barat.

"Terdapat 28 Mahasiswa UGM dari berbagai daerah yang akan melakukan KKN di Pekon Padang Cahya dan Sedampah Indah selama 50 hari ke depan terhitung sejak 24 Juni 2023," Jelasnya.

Menurut Wagiman, Kabupaten Lampung Barat memiliki potensi yang istimewa khusunya terkait perkebunan kopi, hal tersebut menjadikan salah satu alasan UGM memilih  Lampung Barat tempat melakukan KKN.

"Jika kita lihat dari brand utama Kabupaten Lampung Barat yang paling nampak yaitu terkait kopinya pak, bahkan seduh mendunia, oleh karena itu, saya berharap adik-adik dari UGM ini belajar banyak disini," Kata dia.

Kemudian, Pria asli berdarah Yogyakarta tersebut meminta agar Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dapat menerima 28 Mahasiswa tersebut sebagai masyarakat Lampung Barat selama dalam pengabdian.

"Apa yang berlaku bagi masyarakat Lampung Barat, maka saya berharap berlaku juga bagi mereka. Jika ada kesalahan baik tingkah laku,  tutur kata maupun perbuatan mereka saya minta untuk di peringatkan," Tuturnya.

Sementara, Pj. Bupati Lampung Barat melalui Plh. Sekda menyambut baik atas kehadiran Mahasiswa UGM tersebut. Dirinya berharap dengan kehadiran 28 Mahasiswa yang notabandnya berasal dari berbagai daerah dan program studi itu dapat memberi inovasi baru kepada lapisan masyarakat.

"Jadi produk unggulan Kabupaten Lampung Barat ini pak, selain kopi robusta juga terdapat sayur mayur. Maka dari itu, dengan kehadiran adik-adik Mahasiswa UGM ini saya berharap dapat membantu dalam mengindentifitasi permasalahan dan kemungkinan-kemungkinan ke depannya," Jelasnya.

Sebab dikatakan Ismet Inoni, sampai dengan saat ini Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mengalami kesulitan terhadap pengendalian khususnya diterkait harga.

"Saya berharap ini pemikiran-pemikan adik sekalian, bagaimana ke depannya supaya pengendalian harga kopi dan sayur mayur ke depannya bisa kita kendalikan harganya sehingga petani tidak mengalami kerugian," Harap Ismet Inoni. 

Selain itu, Ismet Inoni berpesan kepada seluruh Mahasiwa agar dapat beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungan setempat. "Selamat mengabdi. Semoga betah menjalani tugas di Kabupaten Lampung Barat, bimbing masyarakat, beri inovasi dan pelajaran-pelajaran terbaik kepada lapisan masyarakat," Pungkasnya..(NOPRI)***

 

Post a Comment

0 Comments