DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Disporapar Lampung Barat Menggelar Karisma Event Nusantara Festival Budaya Sekala Bekhak Ke 9 Tahun 2023



Lampung Barat,LHI

Karisma Event Nusantara Festival Budaya Sekala Bekhak Ke 9 Tahun 2023 yang digelar Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) resmi dibuka, Minggu (18/6) di pelataran Gedung Budaya yang diberi nama Lamban Pancasila.

Event yang dikemas dengan budaya tersebut, di buka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M melalui ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Dra. Zelda Naturi M.M didampingi sejumlah kepala Perangkat Daerah ditandai dengan pemukulan gong.

Diketahui, Festival budaya Sekala Bekhak digelar salah satu tujuannya guna melestarikan seni budaya yang berada di Lampung Barat melalui berbagai perlombaan budaya, seperti nyambai, orkes gambus hingga ngelemang bebakhong.

Pada Event yang bertajuk "Sekura" tersebut, ketua TP-PKK Lampung Barat bersama sejumlah ibu Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) mengikuti langsung nari nyambai bersama siswa-siswi Tk Negeri 2 Liwa sebagai pembuka awal kegiatan lomba nyambai.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Lampung Barat yang dibacakan  kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Drs. Dahlin M.Pd mengatakan, perhelatan seni dan budaya yang dikemas dalam Festival Sekala Bekhak merupakan event kepariwisataan yang akan menambah serta meningkatkan motivasi hingga semangat dalam menumbuhkembangkan dunia kepariwisataan Lampung Barat.

"Tujuannya agar dunia pariwisata ke depannya lebih baik lagi serta mampu mengangkat nama Lampung Barat di kancah Nasional, regional bahkan mancanegara," ungkapnya.

Selain itu, Festival budaya Sekala Bekhak juga mempunyai makna pelestarian dan pembinaan terhadap aset serta potensi seni budaya di Lampung Barat, yang menurutnya memiliki nilai sangat tinggi.

"Sehingga dengan Festival Sekala Bekhak ini diharapkan dapat menarik wisatawan berkunjung ke Kabupaten Lampung Barat dan dapat menarik investor dalam menanamkan modalnya dibidang kepariwisataan serta bidang lain yang berdampak pada kemajuan daerah," Harapnya.

Oleh karena itu, Dahlin berharap, agar ke depannya Event tahunan tersebut perlu ditingkatkan dan dikembangkan.(NOPRI)****

 

Post a Comment

0 Comments