DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Buka Pembekalan Adat, Bupati Rohil Ajak Calon Penghulu Tidak Lakukan Money Politik

Rokan Hilir - LHI.

Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong secara resmi membuka pembekalan adat bagi para calon Penghulu yang akan mengikuti pemilihan penghulu (Pilpeng) serentak tahap 1 tahun 2023, Senin (12/6/2023) di kantor Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rohil.

Hal itu digelar oleh LAMR Rohil agar seluruh para calon Penghulu dari 23 Kepenghuluan yang mengikuti Pilpeng serentak wajib mendapatkan Warkah Melayu dari LAMR sebagai calon Penghulu sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Perda Nomor 7 Tahun 2022.

Pada kesempatan itu dalam sambutannya Bupati Rohil mengajak seluruh calon Penghulu yang akan bertanding untuk mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan. Salah satunya, Bupati Rohil mengajak agar calon Penghulu tidak melakukan money politik atau politik uang.

"Kemarin saja baru calon BPKep saya dapat informasi banyak yang jor joran main uang. Oleh sebab itu saya mengajak seluruh calon Penghulu untuk mengikuti aturan main. Jangan kita cederai demokrasi ini dengan politik uang," jelas Bupati.

Selain itu, Bupati juga meminta kepada seluruh calon Penghulu maupun tim sukses nya untuk sama-sama menjaga kondusifitas di wilayahnya masing-masing agar pelaksanaan pemilihan serentak ini dapat berjalan aman dan lancar.

Disamping itu, Bupati Rohil juga mengucapkan terimakasih kepada DPRD Rohil dan LAMR yang telah maraton secara bersama menggelar rapat  agar para calon Penghulu diwajibkan mendapatkan Warkah dari LAMR Rohil sebagai salah satu persyaratannya.

"Dengan adanya Warkah ini, maka adat istiadat Melayu di bumi ini akan semakin dijunjung tinggi dan budaya Melayu semakin bisa terus berkembang," harapnya.

Sementara itu Ketua MKA LAMR Rohil Nasrudin Hasan juga memberikan apresiasi kepada Bupati Rohil Afrizal Sintong yang telah memberikan dukungan kepada LAMR Rohil agar setiap calon penghulu wajib mendapatkan Warkah dari LAMR Rohil.

Dijelaskan Nasrudin Warkah tersebut merupakan pengetahuan tentang adat istiadat Melayu. Sehingga dengan mengikuti pembekalan ini, diaharapkan para calon Penghulu akan semakin memahami tentang sejarah Melayu di Rohil serta mengetahui afat istiadat Melayu dalam kehidupan sehari-hari. (SB)*

 

Post a Comment

0 Comments