DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Sebanyak 20 Peserta Remaja Putra dan Putri Bersaing di Ajang Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana Kabupaten Lampung Barat Tahun 2023


LAMPUNG BARAT, LHI.

Sebanyak 20 peserta remaja putra dan putri bersaing di ajang Grand Final pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Lampung Barat tahun 2023, di Lambang Pancasila Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah setempat, Sabtu (06/05).

Diketahui, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) menyelenggarakan seleksi Duta Genre sejak 23 Januari lalu. Diikuti oleh 100 peserta yang merupaka putra putri daerah. 

Berdasarkan hasil babak penyisihan terdapat 20 peserta memasuki babak akhir Grand Final, yang nantinya akan diambil tiga besar keluar sebagai juara satu pura putri, dua dan tiga.

Adapun yang menjadi juara satu putra Obet Adrian siswa SMAN 1 Liwa, sedangkan juara satu Putri Frisca Aina Sipalia siswi SMAN 1 Liwa, kemudian juara dua putra Rapif Nanan Siswa SMAN 1 Liwa dan Putri Rismalia Gultom Siswi SMAN 2 Liwa lalu juara tiga putra Raihan Aulia Rapik Siwa SMP Sekuting Terpadu dan Indah Lestari siswi SMAN 1 Liwa.

"Dengan adanya pemilihan Duta Genre ini diharapkan dapat menciptakan remaja-remaja berencana serta terencana yang nantinya menjadi icon bagi remaja Kabupaten Lampung Barat," Kata Ferdian Satria selaku analis bidang ketahanan remaja saat menyampaikan sambutannya mewakili Kepala BKKBN Provinsi Lampung.

Selain itu, diharapkan ke depannya dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik, pasalnya, Duta Genre miliki peran penting sebagai motivator dalam meningkatkan ketahanan remaja dan pembinaan remaja salah satunya mengajak teman sebaya mendewasakan usia perkawinan.

Namun, Ferdian berpesan, pemilihan duta Genre tidak hanya berhenti sebatas ajang kompetisi atau seleksi saja. Harus ada aktualisasi di kehidupan nyata lingkungan remaja, memberi warna perubahan ke arah yang lebih baik.

Karena dikatakan Ferdian, label duta Gendre bukan hanya sebatas selempang juara serta piala saja, tetapi merupakan sebuah amanah yang harus dipertanggung jawabkan serta harus dijalankan sebaik mungkin.

"Kepada Duta Gendre yang nantinya akan terpilih, kami harap dapat mengemban tanggung jawab sebaik mungkin, serta jadikan diri anda sebagai icon bagi lingkungan sekitar dan juga bagi remaja Lampung Barat," Sebutnya.

Ditempat yang sama, kepala PPKBPPPA Kabupaten Lampung Barat M. Danang Harisuseno, S.Ag, M.H berharap, Duta Gendre dapat membentuk generasi yang sehat, cerdas dan ceria sehingga mampu meraih bonus demografi serta mewujudkan Indonesia emas Tahun 2045 mendatang. Dikatakan Danang Duta Genre sebagai role model dan motivator bagi remaja untuk mensosialisasi dan mempromosikan program Genre akan lebih efektif.

"Maka dari itu tema pemilihan Duta Genre Kabupaten Lampung Barat Tahun 2023 ini adalah "Bersama Cegah Stunting, Wujudkan Generasi Berkualitas," Ujarnya.

Seperti diketahui, tahun 2045 mendatang, pengamat ekonomi dunia menyatakan bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara yang tumbuh menjadi the best five economic in the world.

"Maka untuk mewujudkan proyeksi tersebut, kita siapkan generasi yang lebih baik mulai dari sekarang," Harapnya.

Oleh karena itu, ke depannya, Danang berharap, para pinalis duta Genre bisa terjun ke masyarakat secara langsung, menjalankan perannya sebagai pendidik dan konselor sebaya melalui pengembangan pusat informasi dan konseling remaja.

"Saya harap nantinya Duta Genre Kabupaten Lampung Barat dapat berperan aktif melaksanakan aksi dan tindakan langsung di lapangan, mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan remaja kita. Selain itu, besar juga harapan saya agar duta Genre Kabupaten Kabupaten Lampung Barat sukses sampai ke tingkat Nasional," Pungkasnya.

Turut hadir menyaksikan Grand Final Duta Gendre tersebut, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat Drs. Junaidi M.M, Kepala Bidang Komunikasi Informasi Publik (KIP) Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Lampung Barat Ansori, SH,. M.H dan perwakilan siswa-siswi dari berbagai sekolah. (NOPRI)

Post a Comment

0 Comments