Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Kesepakatan Batas Wilayah Desa Suja dengan Desa Bakonsu di Kec.Lamandau


Kab.Lamandau ,LHI

Dengan adanya sengketa wilayah warga yang saling kleim antara warga Desa Suja Kecamatan Lamandau dengan warga Desa Bakonsu Kecamatan Lamandau Kabupaten Lamandau,  Camat Lamandau Agus Siswanto memanggil kepala desa dan BPD serta tokoh masyarakat

Kedua belah pihak untuk duduk bersama menyelesaikan hal tersebut maka diadakan rapat bersama pada tanggal 28 Maret tahun 2023 bertempat di kantor Camat Lamandau dan bersepakat kedua belah pihak diadakan turun lapangan pada tanggal 3 April 2023 bersama men JPS sesuai dengan SK.Bupati yang sudah ada titik koordinat yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak SK.No.188.45/352/VII/HUK/2014 Tanggal 17 Juli 2014 tentang penetapan dan penegasan tata batas wilayah antara Desa Bakonsu Kecamatan Lamandau dengan Desa Suja Kecamatan Lamandau.

Menurut Camat Lamandau karena itu sudah disepakati bersama maka mari kita ikuti mengenai ada warga Desa Suja masuk wilayah Desa Bakonsu uruslah admistrasinya didesa setempat .Begitu juga warga Desa Bakonsu yang kebetulan ada ladang atau kebunnya di Desa Suja uruslah administrasinya didesa setempat.

Juga jangan sampai dilapangan saling klaim , karena menurut  camat, warga Desa Bakonsu dengan Desa Suja masih ada persaudaraan atau pertalian darah . Apalagi  kalau sudah kita titik dan pasang patok nya jangan lagi saling klaim wilayah.

Ketika tim wartawan dari LINTAS HUKUM INDONESIA menanyakan kepada mantan Kepala Desa Bakonsu yang termasuk lahannya diklaim oleh salah satu oknum warga Desa Suja, mengatakan di lahan yang diklaim mereka mencabuti patok patok batas dengan nada ancaman bahkan menyita barang barang pekerja dan membuat resah warga Desa Bakonsu yang mau berladang dan berkebun disana.

Begitu juga tim LINTAS HUKUM INDONESIA bertanya kepada Kepala Desa Suja mengenai hal tersebut, kalau memang ada oknum warga nya seperti yang disampaikan tuntut saja sesuai hukum yang berlaku.(AGUS)***

 

Post a Comment

0 Comments