DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Bupati Way Kanan Paripurna Hari Jadi Ke-59 Provinsi Lampung Tahun 2023

 


Way Kanan – LHI

Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M menghadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Lampung dalam Rangka Hari Jadi Provinsi Lampung Ke-59 Tahun 2023 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Lampung, Sabtu (18/03/2023).

Dilansir dari laman resmi Pemprov Lampung, Rapat Paripurna tersebut dihadiri oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wakiil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim. Dimana Gubernur Lampung dalam sambutannya mengatakan bahwa Provinsi Lampung pernah mengalami masa sulit, yaitu Pandemi Covid-19 dengan diberlakukannya PPKM yang berdampak pada perekonomian masyaratak serta menyebabkan korban jiwa yang tidak sedikit. Namun, kesulitan tersebut dapat dikendalikan pada akhir Tahun 2022.

Terkait dengan kinerja penyelenggaraan Pembangunan Daerah di Provinsi Lampung selama Tahun 2022, dibeberkan oleh Gubernur Lampung, antara lain pada Pertumbuhan Ekonomi dan Peningkatan Produksi Padi, Penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka dan Penurunan Angka Kemiskinan, Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Penurunan Indeks Gini (Kesenjangan Ekonomi), serta Peningkatan Nilai tukar Petani (NTP) dan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca.

Disampaikan bahwa Provinsi Lampung mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri dengan memberikan Penghargaan sebagai Provinsi Terbaik (Peringkat Pertama Nasional) Realisasi Belanja Daerah Tertinggi Tahun 2022 dalam Ajang APBD Award 2023. Selanjutnya, Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Provinsi Lampung meraih angka kinerja 72,44 diatas angka KUB Nasional yaitu sebesar 72,39 yang mengindikasikan bahwa kondisi kerukunan umat beragama di Provinsi Lampung saat ini dalam kondisi yang baik dimana tercipta kondisi yang aman dan rukun.

Gubernur Lampung juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran legislative atas kerjasamanya dalam pencapaian prestasi pembangunan di Provinsi Lampung dalam hal pelaksanaan fungsi penganggaran, fungsi pengawasan dan fungsi legislasi dan juga kepada jajaran Forkopimda dan semua unsur yang telah berperan serta aktif dalam pembangunan di Provinsi Lampung.

Penghargaan diberikan oleh Gubernur Lampung atas nama Pemerintah Provinsi Lampung kepada salah seorang Pahlawan Daerah Lampung, yaitu Almarhum Achmad Akuan. (*NOPRI)***

 

Post a Comment

0 Comments