Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Gubri Syamsuar Kunjungi Meranti, Bupati HM.Adil Sampaikan Berbagai Hal


MERANTI
- Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM menyambut kedatangan Gubernur Riau Syamsuar, Kamis (26/1/2023) di Desa Mantiasa Kecamatan Tebingtinggi Barat. Kesempatan itu digunakan Adil untuk menyampaikan langsung berbagai usulan pembangunan.

Diantaranya terkait pembangunan jalan penghubung Alai - Mengkikip yang menjadi kewenangan Pemprov Riau. Menurutnya di tahun 2023 ini, pemerintah provinsi hanya menganggarkan Rp15 miliar yang artinya cuma bisa membangun sekitar 1,5 kilometer saja.

"Ini sangat lambat, butuh 24 tahun baru selesai terbangun semuanya. Kalau bisa dengan lelang cepat ini, kami minta anggaran untuk jalan Alai-Mengkikip ditambah," kata Bupati.

H. M Adil juga menyampaikan permasalahan banjir di wilayahnya yang disebabkan pendangkalan sungai dan jebolnya tanggul penahan air laut. Berkaitan dengan itu, Adil menambahkan, pemerintah kabupaten tidak bisa berbuat banyak karena menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

"Kami minta program Pak Gubernur di Rangsang Barat untuk pembangunan tanggul dan penggalian sungai bisa segera dilakukan secepat mungkin. Jika tidak, maka air hujan dan banjir pasang akan terus merusak lahan pertanian warga," ujarnya.

Tidak hanya itu, Adil juga menyinggung alokasi Bantuan Keuangan Provinsi Riau untuk Kepulauan Meranti yang hanya naik Rp3 miliar di tahun ini. Sementara Meranti menjadi kabupaten dengan tingkat miskin ekstrem tertinggi di Riau.

"Kami minta ada penambahan di APBD Perubahan nanti. Meranti menunggu sentuhan tangan Pak Gubernur untuk lepas dari kemiskinan ekstrem," sebutnya.

"Jika ada perkataan saya yang mengusik, saya sebagai adik atau anak dalam pemerintahan mohon maaf," ungkap Bupati Adil.

Gubernur Riau Syamsuar mengaku hal yang disampaikan oleh Bupati Meranti tersebut turut menjadi perhatian pihaknya. Dia pun mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama memperjuangkan pendapatan daerah sehingga pembangunan infrastruktur bisa ditingkatkan.

"Kami menyimak apa yang disampaikan bupati, tentunya itulah yang menjadi perhatian kami dalam rangka pembangunan di Meranti," kata Syamsuar.

Dia menambahkan bahwa Pemprov Riau memang telah menganggarkan kegiatan penanggulangan banjir di kawasan pertanian Rangsang Barat. Termasuk pembangunan penahan tebing. "Pulang dari sini akan kami cek dengan Dinas Pertanian dan PU agar segera direalisasikan. Untuk banjir juga akan kami bantu nanti," tambahnya.

Syamsuar yang pernah menjabat Pj. Bupati Meranti awal pemekaran itu juga mengatakan pihaknya segera menugaskan Dinas PU Provinsi Riau dan dinas terkait untuk melakukan penggalian di sungai dan tali air yang tersumbat sehingga menyebabkan banjir."Agar tidak mengganggu aktifitas masyarakat apalagi sampai banjir. Kita bersihkan tali air," jelas Syamsuar.

Dalam kesempatan itu, dirinya turut memberikan apresiasi kepada Pemkab Meranti dan jajaran Forkopimda karena mampu mengendalikan inflasi di daerah. "Alhamdulillah pengendalian inflasi di Kepulauan Meranti bagus. Harga masih tidak naik dan terjangkau oleh warga kita yang kurang mampu," sebutnya.

Hadir dalam syukuran Desa Mantiasa ke-X itu, Anggota DPRD Provinsi Riau Amyurlis, Wakil Bupati H. Asmar, unsur Forkopimda Kepulauan Meranti, para kepala OPD di lingkungan Pemprov Riau dan Pemkab Kepulauan Meranti, unsur Pemdes Mantiasa, tokoh agama dan masyarakat setempat. (PONIATUN/ Prokopim)

 

 

Post a Comment

0 Comments