Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

KPU Kabupaten Pangandaran Adakan Kegiatan Rakor Persiapan Verifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu 2024


Pangandaran,LHI 

Bertepatan dengan Diseminasi Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 338 dan 384, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran Juga menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024, bertempat di Hotel Aquarium Pantai Barat Pangandaran, Jum'at (14/10/2022)

Acara ini dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin S.H.I, Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan S Ag, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik kabupaten Pangandaran, Kapolres Pangandaran, Dandim 0613, Para Camat, para Danramil, para Kapolsek sekabupaten Pangandaran, para ketua parpol dan tamu undangan lainnya.

 Melalui sambutannya Ketua KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin, S.H.I mengatakan bahwa dalam kegiatan ini adalah dalam rangka menyamakan persepsi terhadap proses tahapan pelaksanaan verifikasi faktual yang akan dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan.

Sehingga perlu kami sampaikan beberapa hal, kata Muhtadin lagi, berkenaan dengan proses pelaksanaan tahapan pemilihan umum sesuai dengan ketentuan KPU nomor 3 tahun 2022, tahapan pemilu secara garis besar detidak tidaknya ada 11 tahapan.

Untuk melaksanakan tahapan tahapan tersebut KPU Kabupaten Pangandaran secara otomatis akan bersinggungan unsur muspika terutama di tingkat kecamatan, jelasnya.

Berkenaan dengan tahapan setidak tidaknya akan kita hadapi bersama sama, terutama tahapan pelaksanaan verifikasi partai politik yang sekarang kita bahas secara bersama sama.

Maka kami mengajak seluruh stakeholder untuk bersama sama mengetahui semua proses ini, karena bahwa proses tahapan pemilu kedepan yang begitu banyak , apalah pentingnya kami jika tidak didukung oleh seluruh stakeholder dalam konteks penyelenggaraan pemilu nanti.

Maka sekali lagi, dalam acara ini, sekaligus juga kami mengajak untuk bersama sama terlibat dalam proses pelaksanaan pemilu yang akan datang.

Berkenaan dengan kegiatan hari ini Muhtadin juga mebeberkan kepada seluruh Partai politik, yang pertama seluruh Partai politik calon peserta pemilu baik yang partai politik ikut pemilu 2019 atau yang memiliki kursi diparlemen, Kemudian yang selanjutnya pasca veripikasi administrasi lanjut dengan veripikasi faktual, untuk Partai politik non parlemen atau partai politik baru.

Setelahnya itu kita juga akan melakukan veripikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan Partai politik.

Bagi Parpol non parlemen atau Parpol baru yang memenuhi syarat menurut KPU RI akan mengikuti veripikasi faktual, seperti veripikasi faktual kantor dan kepengurusan.

Selanjutnya untuk verifikasi keanggotan kami akan melakukan secara turun langsung kelapangan atau dor to dor, maka tim kami KPU Kabupaten Pangandaran yang dibekali surat tugas maka disitu akan langsung bersinggungan dengan dengan seluruh masyarakat kabupaten Pangandaran diwilayahnya masing masing, jadi dalam kesempatan ini kami pun sejak ijin kepada para Camat, Kapolsek, Danramil di seluruh Kabupaten Pangandaran.

Dalam konteks ini juga tentu kami berharap sekaligus memohon kepada unsur muspika untuk menginformasikannya kepada seluruh kepala desa.

Selanjutnya kami berharap pelaksanaan tahapan pemilihan umum tahun 2024 yang akan datang betul betul merupakan sarana, karena dalam ketentuan Undang Undang Pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat yang secara langsung demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Mengikuti Pemilu, mengikuti tahapan pemilu adalah tugas konstitusional kita sebagai warga negara,

khusus bagi masyarakat Kabupaten  Pangandaran kami mengajak mari kita semua terlibat dalam pelaksanaan tahapan pemilu dan mari gunakan pemilihan umum tahun 2024 merupakan sarana dan kesempatan kita untuk terlibat langsung menentukan masa depan kabupaten Pangandaran, maka demikian kami berharap partisipasi aktif semua pihak, tegasnya.

Perhelatan Pemilu tahun 2024 kita akan kembali melakukan proses integritas menuju hasil pemilu yang berkualitas, maka mari bersama sama hidupkan demokrasi kita dengan demokrasi yang bermartabat dan tetap menjaga solidaritas kewarganegaraan, menjaga ketertiban, keamanan dan menyejukkan bagi semua kelompok juga semua umat.

Dengan demikian kami KPU dengan Bawaslu Kabupaten Pangandaran bersama sama mengikhtiarkan pelaksanaan pemilu yang kondusif, yang damai dan tidak ada pertarungan diluar ketentuan perundang- perundangan, pungkasnya. (AS)


Post a Comment

0 Comments