Ritual Mandi Safar Desa Makeruh Tahun 2022 Sukses di Gelar

 


Rupat, LHI

Pemdes Makeruh Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis   kembali menggelar ritual mandi Safar di pantai wisata desa makeruh. Dari hasil pantauan   LHI,Ritual Mandi Safar Desa Makeruh Rabu (21/09/2022) berjalan lancar,aman,meriah,hikmat dan tertib.

Acara tersebut di hadiri oleh kepala Desa  Makeruh Dedy Sumantri, S. Pd, Bhabinkabtimnas desa makeruh  AIPDA Ahmad Fauzi, staff dan perangkat desa serta tokoh masyarakat yang turut menghadiri acara tersebut. Sebelum ritual mandi safar dimulai terlebih dahulu imam masjid diminta untuk membacakan doa tolak bala dan masyarakat yang hadir juga secara bersama membaca doa selamat,setelah jamuan makan, barulah anak anak  yang telah dipilih tersebut dimandikan dengan air yang telah didoakan tadi, sebelum anak-anak diguyur air, tokoh masyarakat di desa makeruh terlebih dahulu membacakan niat mandi safar kemudian secara bergantian anak-anak tersebut dimandikan yang  dimulai oleh kepala desa makeruh, imam masjid  dan para tokoh masyarakat desa Makeruh.

Tradisi mandi Safar ini merupakan tradisi turun temurun warga desa makeruh yang dilaksanakan setiap tahunnya yaitu dengan berdoa bersama agar terhindar dari malapetaka atau tolak bala masyarakat setempat.(SUPRAPTO)***

 

Post a Comment

0 Comments