Wabup H. Asmar Hadiri Rakorda Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022


PEKANBARU, LHI.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar hadiri Rakorda Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 dengan tema "Mencatat untuk Membangun Negeri Satu Data acara di selenggarakan di Hotel Pangeran Pekanbaru, selasa, 13/9/2022.

Di hadiiri Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar Msi juga hadir Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

Sebagai prasyarat utama Reformasi Sistem Perlindungan Sosial, transformasi data menuju Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) merupakan upaya perubahan penyediaan data sosial ekonomi yang bersifat sektoral menjadi data yang terintegrasi dan akurat. Pendataan awal Regsosek akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial tetapi juga data kondisi sosial ekonomi keluarga yang dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan yang lebih terarah.

BPS Provinsi Riau mengadakan  Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Kegiatan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 dengan tema "Kolaborasi Merah Putih : Mewujudkan Satu Data Kesejahteraan Indonesia.

Dalam rangka percepatan pengentasan kemiskinan ekstrim, Gubernur Riau, Syamsuar menyambut baik adanya Regsosek 2022, sebab dari data yang dihimpun nantinya akan dimanfaatkan oleh Kemensos termasuk Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota.

sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Pidato Presiden tanggal 16 Agustus 2022 lalu, bahwa reformasi program perlindungan sosial diarahkan pada perbaikan basis data penerima melalui pembangunan data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) serta percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

"Pelaksanaan Regsosek ini juga merupakan langkah penyempurnaan kebijakan terkait perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat, yang terintegrasi secara menyeluruh. Pengetahuan akan peringkat kesejahteraan penduduk nantinya akan membantu pemerintah dalam menyasar penduduk rentan, miskin dan miskin ekstrim, khususnya dalam perlindungan sosial dan tanggap darurat kebencanaan," jelas Gubri.

Regsosek 2022 dimulai dengan pendataan awal yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober hingga 14 November 2022. Untuk itu diharapkan seluruh masyarakat Riau bisa memberikan informasi yang tepat dan akurat.

 Dalam hal ini wakil bupati sangat menyambut baik atas terlaksananya Rakorda Pendataan awal Registrasi sosial Ekonomi (Regsosek) yang di Selenggarakan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Riau, dengan bertemakan Kolaborasi Merah Putih : Mewujudkan satu data kesejahteraan Indonesia, dan mencatat untuk membangun Negeri dengan satu data program Perlindungan sosial dan pemberdayaan Masyarakat,"jelas  asmar. (RAMLI ISHAK)

Post a Comment

0 Comments