Semarak Peringatan HLUN Ke-26, Sentra Abiseka Pekanbaru Salurkan Atensi Di Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya


Kab.Tasikmalaya,LHI

Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Lanjut Usia (HLUN) ke-26 tahun 2022 Kementerian Sosial RI menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat khususnya para lanjut usia, hari Minggu 29 Mei 2022

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional merupakan bentuk apresiasi negara atas semangat jiwa raga dan peran lanjut usia dalam pembangunan nasional. Kegiatan peringatan HLUN ini menjadi bentuk perhatian negara kepada lansia untuk  dan memberikan perlindungan kepada mereka di usia senjanya, seperti tema peringatan HLUN tahun ini, "Lansia Sehat Indonesia Kuat".

Puncak peringatan HLUN Tahun 2022 akan dilaksanakan pada Hari Minggu, 29 Mei 2022 dan dilaksanakan serentak di 39 (tiga puluh sembilan) titik kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya disertai layanan terpadu.

Sentra Abiseka Pekanbaru turut berpartisipasi dalam kegiatan HLUN 2022. Tahapan yang telah dilakukan adalah asesmen kepada lanjut usia yang tersebar di 12 Desa di Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya. Sentra Abiseka menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) oleh Sentra Abiseka Pekanbaru kepada 360 lansia yang tersebar di 12 Desa di Kecamatan Salawu dengan nilai bantuan sebesar Rp. 251.997.000,00 (dua ratus lima puluh juta sembilan ratus sembilan puluh tujuh ribu rupiah)

Kegiatan Peringatan HLUN di Kecamatan Salawu di isi dengan dengan berbagai kegiatan seperti operasi katarak, RTLH bagi Lansia, senam lansia, pos bindu lansia, donor darah, vaksinasi bagi lansia serta bazar produk lokal dari Desa yang ada di Kecamatan Salawu.

Adapun bantuan ATENSI bagi lansia yang telah disiapkan berupa sembako sebanyak 140 paket, nutrisi 214 paket, 200 paket sandang lansia, 10 paket kewirausahaan bagi lansia, serta bantuan aksesibilitas bagi lansia berupa kursi roda 10, alat bantu dengar 8 buah, tongkat kaki 3 dan kaki 1.

Bantuan sembako dan nutrisi telah disalurkan kepada lansia yang tidak hadir pada acara puncak tanggal 29 Mei 2022 sebanyak 169 di 12 Desa se Kecamatan Salawu.

Selain bantuan ATENSI, juga disalurkan bantuan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (RUTILAHU) kepada 1 (satu) PM senilai Rp 20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah) di Desa Neglasari. Sehingga total bantuan yang disalurkan di Kecamatan Salawu Tasikmalaya senilai Rp 271.997.000,00 (dua ratus tujuh puluh satu juta sembilan ratus sembilan puluh tujuh ribu rupiah).

Ibu Atikah (83 thn), penerima Bantuan RUTILAHU dan Bantuan ATENSI  merasa bahagia dan bersyukur karena rumahnya dapat diperbaiki dan juga dibantu tempat tidur, kasur, dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Camat Salawu Bapak Deden Trio, mengucapkan terima kasih karena perhatian dan bantuan dari Kementerian Sosial kepada Ibu Atikah dan lansia yang berada di Kecamatan Salawu.  (UMIS LOYOR)***

 

 

Post a Comment

0 Comments