Pemkab Garut Terima 2 Aset dari PT. Cikaengan Tirta Energi




 

Garut, LHI

Bupati Garut, Rudy Gunawan, didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, melakukan peninjauan lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) milik PT. Cikaengan Tirta Energi, yang berlokasi di Kampung Cukang Batu, Desa Sukanagara, Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut, Senin (14/3/2022).

Dalam kunjungan ini, dilakukan juga prosesi penyerahan dua aset dari PT. Cikaengan Tirta Energi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, secara simbolis diterima oleh Bupati Garut.

Bupati Rudy menyampaikan dalam sambutannya, bahwa dirinya bersyukur bisa hadir dan menyaksikan secara langsung keberadaan lokasi investasi yang berhubungan dengan penggunaan energi terbarukan di Kabupaten Garut.

"Tentu kita bersyukur hari ini ada di tempat di mana kita bisa menyaksikan adanya investasi sehubungan dengan penggunaan energi terbarukan, yaitu dari energi tenaga air yang dimiliki oleh perusahaan Jepang, dengan status penanaman modal asing," ujar Bupati Garut.

Ia mengungkapkan, bahwa listrik yang dihasilkan melalui PLTMH ini semuanya dibeli oleh PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN), yang kemudian disebarkan ke masyarakat.

Bupati Garut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PT. Cikaeng Tirta Energi yang telah memberikan 2 aset kepada Pemkab Garut. Ia menilai,  aset yang diberikan ini diperlukan oleh masyarakat Kecamatan Peundeuy.

"Dan hari ini saya terima kasih ada penyerahan aset, ini insiatifnya dari PT. Cikaeng, tapi (yang) perlunya adalah masyarakat (desa) Sukanagara, dan juga khususnya masyarakat (kecamatan) Peundeuy, dengan adanya penyerahan ini artinya bahwa kita memiliki akses yang dimiliki bukan oleh perusahaan, tapi dimiliiki oleh Pemerintah Kabupaten Garut, dalam hal ini Pak Sekda nanti pemanfaatan dilakukan oleh masyarakat Peundeuy," katanya.

Bupati Garut mengungkapkan adanya investasi PLTMH di Kecamatan Peundeuy ini merupakan investasi yang menguntungkan, apalagi dengan adanya PLTMH ini mampu menampung 50 warga Peundeuy untuk bekerja di PT. Cikaengan Tirta Energi.

"Saya terima kasih kepada seluruh masyarakat Peundeuy yang telah mendukung investasi, investasi ini adalah penting karena ada meningkatkan daya saing daerah, disamping saya juga bertanya, katanya di sini ada 50 orang Peundeuy yang bekerja, ada yang jadi Satpam, ada yang bersihin apa, (dan itu) 50 orang, besar sekali," ungkap Bupati Garut.

Rudy berharap dengan adanya kegiatan yang baik ini, investasi di Kabupaten Garut bisa terus tumbuh dan berkembang.

Sementara itu, Direktur PT. Cikaengan Tirta Energi, Shigemasa Suboy, menuturkan, pihaknya adalah perusahaan penanaman modal asing dan tergabung dalam Nippon Koei Group yakni sebuah perusahaan konsultan terbesar di Jepang.

Ia menerangkan, pembangunan PLTMH ini sudah dimulai sejak tahun 2016, dan mulai beroperasi pada tahun lalu. Selain itu, pihaknya sebagai produsen listrik bertanggung jawab atas pasokan listrik kepada PLN, sehingga ia berharap pihaknya bisa terus membangun hubungan baik dengan semua pihak.

"Sebagai produsen listrik kami harus bertanggung jawab atas pasokan kepada PLN, kami berharap dapat terus membangun hubungan yang baik dengan semua pihak, sebagai bagian dari masyarakat dan terutama menjadi tetangga yang baik untuk Desa Sukanegara dan Desa Toblong, dan dengan kerjasama ini tetap menjalankan tanggung jawab kami sebagai pemasok sumber listrik bagi masyarakat," tutur Suboy.

Suboy memaparkan, pihaknya berbahagia, karena PT. Cikaengan Tirta Energi pada hari ini bisa menyerahkan aset perusahaan berupa jalan dan jembatan kepada Pemkab Garut.

            "Dan kami sangat bangga untuk merayakan hal ini dengan Pak Bupati dan semoga kerjasama yang baik ini dapat terus terjalin dengan semua pihak di Pemda Kabupaten Garut." tandasnya.(WAHYU)****

 

Post a Comment

0 Comments