Buka MTQ Tebingtinggi, Bupati : Magrib Mengaji Untuk Tangkis Narkoba


Meranti – LHI

Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil mengajak masyarakatnya untuk meningkatkan pendidikan agama bagi anak sebagai upaya menangkis pengaruh narkoba.Hal itu disampaikannya saat membuka pelaksanaan MTQ ke 13 Kecamatan Tebingtinggi di Masjid Al Hidayah Jalan Alah Cik Puan Selatpanjang Selatan, Selasa (1/3/2022).

"Saat ini 98 persen penghuni Lapas di Selatpanjang itu kasus narkoba. Mulai dari orang tua, muda hingga anak-anak. Laki-laki dan perempuan," kata bupati.

Menurutnya, untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemkab Kepulauan Meranti telah menggalakkan program maghrib mengaji. Lewat program itu, anak-anak usia sekolah diminta untuk melaksanakan salat magrib dan isya di masjid serta membaca alquran di antara dua salat itu.

"Magrib mengaji itu upaya pemerintah sebagai tanggungjawab pemimpin untuk menangkis anak-anak kita dari pengaruh narkoba," jelasnya.

Bupati Adil juga meminta camat hingga lurah dan kepala desa untuk bisa menjadi corong dalam menyampaikan berbagai program pemerintah kabupaten.

"Kita membuka program kuliah gratis, pengobatan gratis dan banyak lagi. Sampaikan itu kepada masyarakat agar semua tahu dan bisa memanfaatkannya," kata bupati.

Camat Tebingtinggi Husni Mubarak mengatakan MTQ ke 13 tersebut mengambil tema dengan mukjizat alquran mari jadikan insan islami yang maju, cerdas dan bermartabat. Kemudian ada tiga cabang yang dilombakan, yakni syarhil, hifzil, tilawah. Dengan total peserta lebih kurang 170 orang.

"MTQ ini dilaksanakan di dua tempat. Di Masjid Al Hidayah dan Musala Arrahman," sebut camat.

Dijelaskannya, khusus cabang hifzil diikuti dengan antusias dari 9 desa dan kelurahan di Kecamatan Tebingtinggi. "Alhamdulillah, tahun ini untuk peserta hifzil penuh, putra putri. Dari satu juz maupun lima juz," ujarnya.

Camat yang juga penceramah itu mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan MTQ Kecamatan Tebingtinggi."Mudah-mudahan kita bisa meresapi, mempelajari dan mengamalkan alquran. Tidak meninggalkan alquran karena alquran itu bahasa surga," sebut Husni Mubarak.

Usai membuka pelaksanaan MTQ tersebut, Bupati Adil didampingi Sekda dan sejumlah Kepala OPD meninjau Gerai Vaksinasi UPT Puskesmas Alahair yang dibuka tidak jauh dari lokasi perlombaan bacaan alquran itu. Di dalam MTQ itu juga diisi pembagian santunan anak yatim. (RAMLI ISHAK/Prokopim)

 



Post a Comment

0 Comments