Kadis Pertanian Kabupaten Pangandaran Terus Upaya Lakukan Terobosan Peningkatan Pertanian Kepada Generasi Muda

 



Pangandaran,LHI

Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Dinas Pertanian terus melakukan terobosan meningkatkan produksi pertanian di berbagai komoditas melalui peningkatan minat generasi muda atau Kalangan milenial.

Upaya meningkatkan produksi di bidang pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran bekerja sama denga tokoh masyarakat melakukan dialog dan melaksanakan pelatihan tentang pertanian terhadap kaum milenial melalui sekolah sekolah di tingkat SLTP dan SLTA

 Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Sutriaman saat di temui di ruang kerjanya mengatakan, bahwa generasi petani di kabupaten Pangandaran semakin mengurang yang di karnaka berkurangnya lahan pertanian dan berkurangnya para petani yang diakibatkan kurangnya minat para pemuda atau kaum milenial dibidang pertanian, karena keinginannya masing masing yang menginginkan menjadi pegawai negeri atau menjadi pengusaha atau lainnya, sehingga minat menjadi petani semakin berkurang, sementara' petani petani yang saat ini masih aktif umurnya sudah pada tua, jelasnya. Rabu (9/2/2022).

Maka untuk menarik minat petani milenial atau para generasi yang akan datang perlu diadakannya sosialisasi atau pembinaan tentang ilmu pertanian sejak dini, tambah Sutriaman.

Kita juga bekerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan untuk memberikan penyuluhan tentang pentingnya pertanian dari hal hal yang paling mudah, seperti pemanfaatan lahan pekarangan supaya di gunakan untuk menanam tumbuhan cengek, bayam, terong, atau lainnya.

"Untuk itu kami dari Dinas Pertanian terus melakukan upaya terobosan baru, bagaimana supaya kaum milenial ini dapat lebih berminat untuk menguasai ilmu-ilmu pertanian.

Kemarin juga kita adakan penyuluhan kepada siswa siswi di salah satu sekolah di wilayah Langkaplancar, kita paparkan bagaimana pentingnya pertanian di dalam kehidupan sehari hari, disana kita berikan materi ekstrakurikuler tentang pertanian.

Kita dari Dinas sudah sepakat dengan pihak sekolah tersebut untuk mendidik para siswanya tentang ilmu pertanian di luar jam pelajaran yang pormil, tambah Sutriaman.

Sehingga Alhamdulillah ada energi baru untuk pertanian kita, para siswa mulai mengerti sedikit demi sedikit tentang pentingnya pertanian, mudah mudahan kedepan Dinas Pertanian bisa kerja sama dengan sekolah sekolah yang ada di Kabupaten Pangandaran untuk melakukan pendekatan dan memberikan pendidikan pertanian.

Kita juga akan menugaskan para penyuluh yang ada di wilayah untuk membantu mensosialisasikan ilmu pertanian kepada para generasi muda, supaya generasi petani di Pangandaran tetap ada, pungkasnya. (AS)*

Post a Comment

0 Comments