Touring ke Pulau Merbau, Bupati Ingin Tanjung Bunga jadi Pilot Project Tambak Udang


Meranti – LHI

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil kembali melakukan touring dengan sepeda motor bersama jajaran pejabat pemerintah kabupaten, Sabtu (22/1/2022). Kali ini pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti itu diajak bupati untuk mengunjungi Kecamatan Pulau Merbau.

Titik kumpul berada di rumah dinas bupati di Jalan Dorak Selatpanjang lalu bertolak ke penyeberangan di Desa Kundur melintasi Selatrengit ke Pulau Merbau. Kemudian rombongan langsung menuju Desa Tanjung Bunga.

Di desa yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka itu, Bupati meresmikan Tambak Budidaya Udang jenis Vaname milik Kelompok Masyarakat Bina Jaya Sejahtera.

Bupati sempat berdialog dengan Ketua kelompok dan masyarakat terkait pengelolaan tambak udang tersebut.

"Saya ingin tambak udang di Desa Tanjungbunga ini berhasil dan bisa menjadi pilot project yang menjadi contoh bagi desa-desa lain di Meranti," kata Bupati.

Lebih jauh dia menyampaikan ingin membangun lebih banyak lagi tambak udang di Pulau Merbau yang akan dikelola oleh masyarakat di setiap desa. Untuk itu dia meminta Camat dan Kepala Desa bisa bersinergi untuk mewujudkan hal itu, sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Kadis Perikanan nanti anggarkan di APBD Perubahan untuk pembuatan kolam dan pengadaan bibitnya," perintah Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati Adil juga menyampaikan bahwa Pemkab Kepulauan Meranti telah melakukan MoU dengan berbagai pihak. Termasuk Bank Riau dan PLN UP3 Dumai untuk memudahkan para pelaku UMKM di Kepulauan Meranti guna menumbuhkembangkan usahanya."Di Bank Riau masyarakat bisa melakukan pinjaman 10 sampai 20 juta rupiah. Nanti bunganya ditanggung pemerintah, masyarakat cukup membayar pokoknya saja," jelasnya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Meranti, Eldy Syahputra menambahkan jumlah bibit udang yang ditabur di dalam kolam berukuran 15x60 meter itu sebanyak 20.000 ekor. Dengan target panen lebih kurang 1 ton"Ini berasal dari DAK 2021. Target pasarnya untuk lokal Meranti, Tanjungbalai Karimun hingga Batam," terang Eldy.

Selesai meresmikan tambak udang di Desa Tanjung Bunga ini, Bupati beserta rombongan kembali ke Kota Selatpanjang. (RAMLI ISHAK/ Prokopim)

 




Post a Comment

0 Comments