Pohon Besar Tumbang di Taman Alun alun Singaparna Timpa 2 Unit Angkot dan 1Truk Wingboox



Kab.Tasik, LHI.

Sebuah pohon berukuran besar roboh di taman Alun alun Singaparna Jum'at pagi, 14/01/2022.Pohon besar yang tumbang Karena diduga sudah lapuk termakan usia, juga tumbangnya pohon tersebut menimpa 2 unit angkot dan 1 unit Truk wingbox yang sedang melintas.

Sontak, pohon besar tumbang secara mendadak, menimbulkan kepanikan. Terutama bagi sopir dan penumpang angkutan kota.

Untung 2 unit angkutan kota tersebut tidak mengalami kerusakan, karena dahan pohon tersebut menimpa dulu Truk sehingga dahan bisa tertahan.

Tim Tagana kabupaten Tasikmalaya, Ayatullah mengatakan, pohon tersebut lapuk karena sudah termakan usia."Kebanyakan pohon-pohon ini usianya sudah mencapai 20 tahun lebih. Warga sendiri juga sudah meminta berkali-kali bahwa pohon tersebut harus segera di pangkas atau dipotong, katanya.

Selanjutnya dilokasi yang sama, Kasat Lantas Polres Kabupaten Tasikmalaya, AKP Ryan Faisal mengungkapkan, untuk proses evakuasi melibatkan  kepolisian, anggota Koramil, Tagana, BPBD juga dibantu oleh warga. Terlihat juga kepala desa Singasari untuk membantu  memotong ranting tersebut tim mengevakuasi menggunakan alat gergaji mesin.

Akibat kejadian tumbangnya pohon tersebut, arus lalu lintas jalur provinsi yang menghubungkan Tasik Garut terganggu. Sehingga pihak kepolisian terpaksa merekayasa dengan pengalihan arus lalu lintas supaya tidak terjadi kemacetan.

"Kejadian terjadi di saat jam sibuk, pada sekitar jam 08 lebih, dimana banyak kendaraan dan warga yang beraktivitas. Alhamdulillah proses evakuasi bisa cepat dan lancar sehingga arus lalu lintas lancar kembali, ungkapnya.

Usai mengevakuasi pohon yang tumbang, tim juga memangkas pohon besar yang lainnya, upaya tersebut untuk mengantisipasi kejadian pohon tumbang kembali. (HARDITO)*

 

Post a Comment

0 Comments