Dinas KUKMP Banjar Raih Natamukti, Saatnya Kota Banjar Memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Banjar, LHI,- Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas KUKMP Kota Banjar meraih penghargaan Natamukti Award 2021. Penghargaan tersebut resmi diumumkan melalui platform Zoom, Kamis (9/12/2021). 


Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar H. Edi Herdianto, S.Sos., MSi didampingi Sekdisnya Neneng Widyastuti, Sos,. M.Si bersama Kabid KUKM Tatang Nugraha, SE., M.Si dan Kasi KUKM Hendra Gunawan, SE., M.Si mengikuti kegiatan Zoom penganugerahan penghargaan Natamukti 2021. ICSB Indonesia sebagai inisiasi pelaksanakan penghargaan bersama Kementerian KUKM, Natamukti adalah sebuah penghargaan bagi Pemkot/Pemkab se-Indonesia sebagai bentuk apresiasi kinerja Pemerintah Daerah bagi yang berhasil mendorong keberlangsungan pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil dan menengah di daerahnya masing - masing. 


Pemerintah Kota Banjar - Jawa Barat (Dinas KUKMP Kota Banjar) diumumkan terdepan sebagai pemenang meraih penghargaan Natamukti 2021 dalam virtual platform Zoom tersebut. 


Sekertaris Dinas KUKMP Neneng Widyastuti menerangkan kepada LHI, bahwa penghargaan Natamukti tersebut merupakan raihan kali ketiganya Dinas KUKMP / Disperindag Banjar,  meskipun penghargaan tersebut tidak berturut turut setiap tahun, akan tetapi hal tersebut sangat spesial mengingat Tahun 2021 adalah masa sulit ditengah pandemi Covid-19, urainya. 


Kadis KUKMP Kota Banjar H. Edi Herdianto menerangkan, Dinas KUKMP Kota Banjar memiliki program unggulan melalui Bidang KUKM yaitu mendorong dengan fasilitas pemasaran produk - produk pelaku UMKM dan memberikan bantuan Jaring Pengaman Ekonomi (JPE) 2021 kepada para UMKM. Adapun feedback atas penghargaan tersebut dirinya berharap agar adanya lompatan besar program percepatan sebagai pemicu peningkatan ekonomi yang pesat, sebagaimana menyongsong Indonesia Maju baik yang bersumber dari APBD Kota, Provinsi maupun Pusat.


"Kami bersyukur Kota Banjar meraih penghargaan Natamukti 2021, ini menjadi motivasi besar agar UMKM di Kota Banjar  semakin bersinergi dan berkemajuan." Ujar H. Edi.


Tatang Nugraha selaku Kabid KUKM menegaskan meski dengan situasi serba keterbatasan minimnya anggaran untuk Bidang KUKM khususnya, akan tetapi hal tersebut menjadikan tantangan untuk terus berupaya dan berinovasi dalam membina, mendorong, melatih dan memberikan bantuan tambahan modal kepada pelaku UMKM di Kota Banjar diantaranya pelatihan, sarana pemasaran dan JPE Kota Banjar yang Agustus lalu disalurkan kepada 930 UMKM. 


"Anggaran kami sangat kecil, akan tetapi dengan semangat dan tepatnya sasaran pemanfaatanya, Alhamdulillah Kota Banjar meraih penghargaan Natamukti 2021. Mudah - mudahan para pengambil kebijakan ditahun 2022 dapat memberikan anggaran seluas - luasnya agar semakin banyak pelaku UMKM Banjar yang kami dorong dan bantu untuk maju sehingga perekonomian bisa naik pesat". Harap Tatang.


Tatang menyampaikan terima kasih kepada semua steakholder dan Dinas KUKMP Kota Banjar terutama tim Bidang KUKM yang telah bekerja keras bersama-sama dalam upaya mengoftimalkan kinerja membantu para UMKM Banjar agar terus dapat berkembang dan maju. Menurut Tatang bahwa penghargaan Natamukti adalah buah dari hasil kerja keras bersama-sama, semangat menjadi kekuatan guna keluar dari kesulitan di masa pandemi, dan para pelaku UMKM dapat produktif kembali.


Lebih mendalamnya lagi, Tatang mengungkapnya bahwa Kota Banjar harus gerak cepat untuk berbenah disektor perekonomian, mempelajari perbandingan dari Kota/Kabupaten lain, yang mana mereka bersemangat membangun diri salah satunya membuat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan banyak daerah lain telah sukses meningkatkan perekonimianya. 


Tatang yang acap kali intens membantu promosi para pelaku UMKM Banjar melalui medsos Facebook dan Youtube serta terus berupaya memfasilitasi bantuan UMKM baik dari pusat maupun provinsi, dirinya mengungkapkan terkait letak strategisnya Kota Banjar yang berada tepat dipintu gerbang Provinsi Jawa Barat berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah, sudah seyogyanya dapat mendulang keuntungan pada sektor ekonomi guna mensejahterakan masyarakat Kota Banjar. (E 14 Y)

Post a Comment

0 Comments