DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Rakor Komite Penanganan Covid-19, Gubernur Jabar Minta Bupati & Walikota Proaktif dalam mengejar PPKM ke Level 1 dan 2


Ciamis, - LHI

Pemkab Ciamis yang diwakili oleh Sekretaris Daerah H. Tatang bersama Unsur Forkopimda mengikuti rapat koordinasi komite penanganan Covid-19 tingkat Jawa Barat secara virtual di ruang Oproom Sekretariat Daerah, Senin (18/10/2021).

Rakor tersebut rutin dilaksanakan oleh pemprov Jabar setiap dua pekan untuk menginformasikan dan mengkoordinasikan terkait perkembangan Covid 19 di wilayah Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja menyampaikan perkembangan kasus Covid 19 di Jawa Barat menunjukan penurunan. "Untuk saat ini saya melaporkan kasus aktif turun 0.24%, tingkat kesembuhan naik 97,67%, tingkat kematian naik 2.09% dan BOR RS turun 3.28%, " Ungkapnya.

Namun begitu Sekda mencatat masih terdapat 3 Kabupaten Kota dengan tingkat kasus aktif tertinggi di Jabar, yakni Kab Tasikmalaya 1.05 %, Kota Cimahi 0.86%, dan Kabupaten Ciamis 0.69%.

Terkait zonasi, Setiawan menyampaikan seluruh Kabupaten Kota (27 Kab/Kota) di Jawa Barat saat ini berada di Zona rendah.

Sementara status level PPKM di Jabar terdapat 24 Kab/Kota di level 3 dan 3 Kab Kota berada di level 2 PPKM. "Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri mengenai asessmen Kab/Kota di Jabar terdapat 3 daerah di level 2 dan 24 daerah dilevel 3," Jelasnya.

Selanjutnya, beliau menyampaikan berdasarkan hasil data, beberapa Kab/kota diprediksikan masuk ke level 2 diantaranya kabupaten Karawang, Kab Sumedang, Kota Cirebon, Kota Sukabumi dan 2 Kab/Kota diprediksi masuk ke level 1 yakni Kabupaten Pangandaran dan Kota Banjar.

"Kita masih menunggu hasil leveling dari Pemerintah Pusat, mudah-mudahan lebih banyak lagi Kab/Kota yang dapat turun level melebihi yang telah diprediksikan, " Tandasnya.

Sementara itu Gubernur Jabar Ridwan Kamil  mengatakan Bupati Walikota harus proaktip dalam mengejar PPKM ke level 1 dan 2."Kaitan dengan kapasitas vaksinasi mudah-mudahan semua bisa mengejar, kepada yang targetnya belum tercapai kita dukung terus hingga dapat mencapai target, " Ucapnya.

Beliau mengucapkan terimakasih pada seluruh pihak baik TNI, POLRI Forkopimda dan Kepala Daerah yang telah membantu memaksimalkan proses vaksinasi.(LUKMAN NUGRAHA/PROKOPIM)***

 

Post a Comment

0 Comments