Anton Charliyan Bersama Komunitas Budaya Kabuyutan Galunggung Menggelar Upacara HUT Ke 76 Kemerdekaan RI di Taman Wisata Batu Mahpar


Kab. Tasikmalaya,LHI

Pada upacara memperingati HUT Ke 76 Kemerdekaan RI, sejumlah komunitas budaya yang tergabung dalam wadah "Komunitas Budaya Kabuyutan Galunggung" turut menggelarnya, dengan inspektur upacara mantan Kapolda Jabar Irjen Pol (Purn) Dr H Anton Charliyan MPKN.

"Hanya di Galunggung, beberapa Komunitas Budaya bersatu dan secara tersendiri menggelar upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke 76, dimana seluruh peserta upacara mengenakan busana khas Sunda. Ini sebagai bentuk kekompakan dan kecintaan para pelaku budaya terhadap NKRI."ujar Abah Anton panggilan akrab Anton Charliyan.

Peserta upacara yang merupakan perwakilan komunitas budaya yang ada di Tasikmalaya, semua mengenakan pakaian khas Sunda, sebagaimana Presiden Jokowi mengenakan busana khas Baduy. Beberapa perwakilan komunitas budaya yang hadir di antaranya PJBN, Laskar Macan Ali, Saputra Cilogak, Paguron Jamparing, ormas Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI), mantan Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Thonny T Easy, tokoh agama, tokoh budaya dan tokoh masyarakat lainnya.

"Jika suasananya tidak pandemi Covid 19, kemungkinan besar puncak peringatan HUT Ke 76 Kemerdekaan RI di sini akan lebih gebyar dan semarak. Karena ada kebanggaan tersendiri bagi saya, dimana salah satunya yakni busana khas Sunda dikenakan Presiden Jokowi pada HUT Ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia, "ujarnya.

Anton Charliyan kepada peserta upacara berpesan, agar orang Sunda (Jawa Barat) senantiasa menjaga keutuhan NKRI yang merupakan hasil perjuangan dan cucuran darah para pahlawan hingga gugur di medan perang.”Kita patut menghormati perjuangan para pahlawan dan kini kita patut menjaganya.. Kita harus terus memupuk rasa semangat seperti para pendahulu bangsa ini.”tutur mantan Kadiv Humas Polri ini.

Hari ini 76 tahun yang lalu, kata Abah Anton,  bendera merah putih berkibar dan lagu kebangsaan berkumandang di bumi pertiwi sebagai tanda bahwa tanah air tercinta Indonesia telah merdeka.Perlu diketahui bahwa tema pada HUT RI ke-76 kali ini adalah “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Tema tersebut mengajak kita semua untuk tetap tangguh menghadapi segala cobaan dan kemudian dengan perlahan-lahan tumbuh lebih baik.

“Ini tahun kedua kita merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia di tengah situasi pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, kita melaksanakan upacara dengan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan.Sesungguhnya makna kemerdekaan di situasi seperti ini adalah berjuang untuk melawan Covid-19 bersama-sama dengan cara menuruti anjuran dari pemerintah, memperketat protokol kesehatan agar dapat bebas kembali melakukan aktivitas seperti biasa.”pungkasnya.(REDI MULYADI)***

 

 

Post a Comment

0 Comments