Peduli Terhadap Pendidikan Usia Dini, Sejumlah Warga di Pangandaran Bangun Madrasah Secara Swadaya

Pangandaran, LHI.

Demi memajukan generasi penerus, yang berkarakter terhadap generasi bangsa harus di tanamkan sejak usia dini, karena pendidikan yang berkarakter merupakan hal yang penting sebagai upaya untuk membangun sumbar daya manusia (SDM) serta meningkatkan moralitas bangsa yang yang sudah mengalami kemungkinan, terutama dalam menghadapi era globalisasi seperti saat ini. Seperti saat ini, warga di Pangandaran membangun sarana pendidikan Usia Dini Islam dengan cara swadaya, hal itu dilakukan bentung kepedulian terhadap generasi penerus bangsa yang sangat perlu dipersiapkan sejak dini.

Dari pantauan media di lpkasi, sejumlah warga di RT 14/6 Dusun Kawarasan Desa Sindangwangi, Kecamatan Padaheran dengan kompak bergotong royong membangun sarana sarana pendidikan Usia Dini Islam dengan swadaya. Awalnya warga berharap ada bantuan dari pemerintah, namjn hingga saat ini bantuan tersebut tidak kunjung datang, sehingga warga memutuskan untuk membangun madrasah untuk sarana pendidikan dilakukan secara swadaya.

Madrasah yang dibangun tersebut berukuran 6X17,5 Meter, dan dilakukqn dengan anggaran hasil swadaya masyarakat setempat. Seperti di sampaikan Sodikin (65) tokoh masyarakat setempat, dengan modal pertama dari urunan warga setempat senilai Rp 16 juta, warga sepakat untuk membangun. Senin (5/7/2021). Tapi, karena kekurangan anggaran sawaktu membeli material, seorang tokoh masyarakat merelakan sawahnya untuk digadaikan ke orang lain.

"Pembangunan untuk pendidikan Islam ini murni dari swadaya masyarakat, papar Sodikin. Sodikin menjelaskan, jumlah ruangan tempat belajar anak-anak yang dibangun, ada tiga ruang setengah bangunan. Ia berharap, secepatnya ada bantuan dari pemerintah agar pembangunan ini tetap bisa berjalan. "Semoga hati pemerintah terketuk hatinya, karena ini juga untuk membangun karakter anak penerus kita," ucapnya. (AS)*

Post a Comment

0 Comments