Bupati H.M Adil Lakukan Penandatanganan Piagam Nota Kesepahaman Bidang Pelayanan dan Pengabdian Hukum Kepada Masyarakat Dengan PA Selatpanjang dan Kemenag Meranti


 

Meranti LHI

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH, melakukan Penandatanganan Piagam Nota Kesepahaman (MoU) Dalam Bidang Pelayanan Hukum dan Pengabdian Kepada Masyarakat Antara Bupati Kep. Meranti dengan Pengadilan Agama (PA) Selatpanjang dan Kementrian Agama Kep. Meranti, kegiatan dalam upaya mendukung perwujudan program "Ketuk Pintu Layani Dengan Hati", itu bertempat di Kantor Pengadilan Agama, Selatpanjang, Rabu (31/3/2021).

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Pengadilan Agama Selatpanjang Dr. Erlan Naofal SAg MAg, Ketua MUI Meranti Agustiar SAg, Asisten I Sekdakab. Meranti Syamsuddin SH MH, Plt. Kadisduk Capil Meranti Ramdan, Kabag Hukum Sekdakab. Meranti Sudandri SH dan pejabat lainnya. 

Penandatanganan kerjasama langsung dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti H.M Adil, Ketua PA Selatpanjang Dr. Ernal Naofal dan Kakan Kemenag Meranti Agustiar S.Ag.

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Meranti H.M Adil, mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya MoU ini sebagai langkah awal dalam membuat kontrak kerjasama perjanjian yang telah mengikat antara kedua belah pihak sesuai dengan bidangnya masing-masing yang berkaitan langsung dengan pelayanan hukum kepada masyarakat.

Selanjutnya melalui Penandatanganan dan perjanjian kerja sama ini, Bupati H.M Adil berharap tercipta sinergitas antara Pemkab. Meranti dengan Kantor Pengadilan Agama Selatpanjang untuk saling dukung dalam memberika pelayanan prima kepada masyarakat khususnya dibidang bantuan hukum, gugatan hukum serta penyuluhan hukum sesuai dengan Tupoksi dari Pengadilan Agama."Semoga kita dapat bersinergi sebagai mitra dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dibidang pelayanan hukum," ujar Bupati Adil.

Dan beberapa pelayanan hukum yang telah disebutkan, hal yang paling mendesak dan akan dilakukan oleh Pemkab. Meranti adalah pengesahan nikah (isbat nikah) terpadu. Dimana masih banyak terdapat masyarakat Meranti yang menikah di bawah tangan. "Kita berharap kerjasama menyelesaikan masalah Isbat Nikah bisa berjalan tahun ini," ucap Bupati.

Lanjut Bupati Adil, kerjasama ini juga merupakan bentuk dukungan perwujudan program "Ketuk Pintu Layani Dengan Hati" dimana melalui program tersebut Pemkab. Meranti berupaya untuk  memberikan solusi kepada masyarakat terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi.

Hal senada juga dikatakan oleh Kepala Pengadilan Agama Selatpanjang Dr. Erlan Naofal, menurutnya MoU ini menjadi kunci strategis dalam melaksanakan pelayanan bidang hukum untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kepulauan Meranti.

Menurutnya PA Selatpanjang sebagai badan pengadilan dibawah Mahkamah Agung yang menjalankan kekuasaan kehakiman akan terus berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat Meranti pencari keadilan.

Diantara masalah yang dihadapi masyarakat dan menjadi Tupoksi PA Selatpanjang adalah masih banyak masyarakat di Meranti yang belum memiliki buku nikah padahal sangat penting untuk menerbitkan dokumen administrasi kependudukan yang jika tidak dilaksanakan akibatnya sangat komplek.

Ditegaskan Ketua PA Selatpanjang pihaknya siap membuka diri untuk bekerjasama dengan semua pihak untuk menyelesaikan berbagai permasalahan sesuai dengan Tupoksinya."Ini sebagai bentuk kontribusi positif kepada masyarakat," ujarnya.

Pada kesempatan itu Ketua PA Selatpanjang juga menyampaikan salah satu inovasi yang akan dijalankan dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat salah satu inovasi adalah Transportasi Antar Jemput Kepengadilan (Tanjak), Sidang Keliling, untuk itu masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan PA Selatpanjang tidak perlu buang buang waktu, dana dan tenaga.

Program ini dikatakan Ketua PA Selatpanjang adalah bentuk dukungan pihaknya dalam mensukseskan program strategis Bupati H.M Adil, yakni memberikan pelayanan prima dibidang pengurusan administrasi publik satu hari selesai.

Sekedar informasi, dalam kegiatan itu juga dikemas dengan penantanganan Pakta Integritas WBK WBBM dilingkungan PA Selatpanjang yang didukung oleh Bupati H.M Adil. 

Bupati H.M Adil juga berkesempatan meninjau fasilitas pelayanan yang ada di Pengadilan Agama Selatpanjang mulai dari ruang sidang, ruang tunggu dan fasilitas lainnya. (Humas Pemkab. Meranti/RAMLI ISHAK)

 

 

Post a Comment

0 Comments