Kota Dumai, LHI

Dalam rangka menjalin sinergi dengan perusahaan  milik Pemerintah Daerah, PT Pelindo I Cabang Dumai menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan 2 (dua) BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Kota Dumai sekaligus yaitu PT Pembangunan Dumai dan PT Pelabuhan Dumai Berseri.

Komunikasi dan diskusi yang dibangun selama ini membuahkan hasil dengan saling mengisi antara perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan 2 BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) atau dapat juga disebut Triangle Business Relationship.

Pada hari Jumat (6/11/ 2020) pukul 14.30 wib di ruang Media Center Pemko Dumai merupakan moment yang ditunggu untuk triangle business relationship.

Dengan disaksikan oleh Walikota Dumai Zulkifli AS, Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Zulfan Ismaini, Komisaris PT Pelabuhan Dumai Berseri Wan Fauzi, beberapa perusahaan swasta lainnya juga awak media dan notaris ikut menyaksikan moment berharga ini, yaitu penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara tiga perusahaan tersebut tentang rencana pengelolaan dan pengusahaan areal lahan milik PT Pelindo I (Persero) pada eks Rumah Sakit Putri Tujuh, Eks Kanwil Perhubungan dan Eks Kantor PT Pelindo I Cabang Dumai.

Hal senada yang disampaikan oleh ketiga managemen Badan Usaha dimaksud (GM PT Pelindo I Cabang Dumai, Direktur Utama PT Pembangunan Dumai dan Direktur Utama PT Pelabuhan Dumai Berseri), yaitu mengharapkan kolaborasi ini dapat menjadi langkah bersama dan juga terobosan bagi BUMN agar dapat meningkatkan kontribusi kepada daerah melalui kerjasama dengan BUMD dengan prinsip Business to Business (B2B) sesuai ketentuan yang berlaku.

Sebelum penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) patut disimak ucapan dari para manajemen Triangle Busines Relationship yang merupakan arahan dari Walikota Zulkifli AS untuk senantiasa mencari  berbagai potensi  pendapatan daerah dengan terobosan-terobosan  maupun kerjasama terhadap BUMN. Dan hal tersebut sejalan dengan ketentuan Kementrian SDM  yang salah satu butirnya menyebutkan agar  Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dapat memberikan kontribusi kerjasama  dengan  Perusahan Daerah (BUMD), ujar pimpinan BUMD PT Pembangunan Dumai Bonedi Boiman.

Lain halnya ucapan yang di utarakan pimpinan BUMD Pelabuhan Dumai Berseri Nurul Amin bahwa ini membuka satu cara baru yaitu berkolaborasinya 2 (dua) perusahaan BUMD yang saling bergandengan serta bekerjasama dengan PT Pelindo I Cabang Dumai. Nurul Amin juga mengharapkan  BUMN lain juga dapat melakukan hal serupa untuk bekerjasama dengan BUMD Kota Dumai.

General Manager PT Pelindo I (Persero) Cabang Dumai, Jonedi Ramli menyampaikan bahwa kerjasama Pelindo I Cabang Dumai dengan Badan Usaha Milik Daerah ini adalah untuk yang kedua kalinya dimana sebelumnya terdapat kerjasama Pas Pelabuhan Penumpang. Dan untuk sekarang kerjasama yang kedua ini diharap dapat berjalan lancar.

"Kami siap untuk bersinergi  dalam koridor Business to Business (B2B) yang saling menguntungkan para pihak sesuai ketentuan yang berlaku. Dan PT Pelindo siap untuk bekerjasama dalam hal lain selama berpegang pada prinsip B2B", pinta Jonedi.

Walikota Dumai Zulkifli AS memberi apresiasi terhadap penandatanganan MoU antara tiga pihak ini dan senantiasa mengharapkan kebersamaan yang terjalin dengan baik untuk peningkatan dan pengembangan Kota Dumai kedepan. (***IWAN NST)