Diduga Banyak Masalah, Puluhan Warga Grudug Kantor Desa Karangsari


Pangandaran LHI

Puluhan masyarakat Desa Karangsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran geruduk kantor desa dengan tujuan menyampaikan tuntutan terkait kinerja kepala desa serta perangkat desa Karangsari yang di anggap tidak sejalan dan sepemahaman dengan warga, Selasa (22/09/2020).

Adapun tuntuntan yang disampaikan warga saat melakukan aksi damainya yaitu;Masalah proyek inspratuktur pembangunan.Fungsi karang taruna di desa Karangsariy yang selama ini seolah -olah tidak di        pungsikan.Program BUMDes, Karena BUMDes di Desa Karangsari seakan akan tidak jelas,masalah program UMKM, transfaransi alokasi dana desa.Rotasi perangkat desa (Kasi Kesejahteraan dan Kepala Dusun Nagrak..warga masyarakat menduga Pemerintah Desa Karangsari sudah tebang pilih.

Hadir pada acara tersebut, Danramil1318/Padaherang (Kpt Inf Jamino), Kapolsek Padaherang (Iptu Aan Supriatna SH), Camat Padaherang  (Kustiman S.sos MM), Babinsa Desa Karangsari (Sertu Dani Amir, Babinkamtibmas ( Bripka Indra), Pendamping Desa (Wepni Suprayogi), Ketua dan anggota BPD Karangsari, Staf Desa Karangsari, Tokoh masyarakat Desa Karangsari, Tokoh pemuda Desa Karangsari dan puluhan Masyarakata Desa Karangsari

Asep Hendar pada orasinya menyampaikan maksud kedatangan kami ke kantor desa ini ingin mempertanyakan dan menuntut kejelasan karena diduga banyak permasalahan yang harus di kalaripikasi.

Asep Hendar selaku Ketua Karangtaruna Desa Karangsari merasa karangtaruna tidak pernah dilibatkan dalam segala hal, seolah-olah karangtaruna di Desa Karangsari jauh dan bahkan tidak ada, "menurutnya kalau memang Karangtaruna di Desa Karangsari ini tidak ada manfaatnya atau dianggap penghalang oleh pemerintah desa mending di bubarkan saja.

"Selain itu kedatangan kami untuk meminta ketegasan dari pemerintahan desa soal transfaransi dalam segala hal, juga harus memperbaiki keharmonisan antara pemerintah desa dengan lembaga yang sudah dibentuk juga masyarakatnya.

'Karena selama ini kami menilai pemerintah desa Karangsari sangat jauh dari ketegasan dan di anggap kurang transfaransi malah mengakibatkan terjadinya asumsi asumsi negatif di kalangan masyarakat.

Setelah ini kami berharap pemerintah desa Karangsari dapat membangun kembali harmonisasi dengan masyarakat dan dapat bergainding bersama dalam hal pembangunan yang adil dan merata, pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Camat Padaherang Padaherang Kustiman S.sos MM mengatakan kami sangat mengapresiasi kepada warga masyarakat Desa Karangsari yang sudah menyampaikan sosial control terhadap pemerintah desa melalui audensinya."Karena ini merupakan dinamika demokrasi mana kala semua proses perjalanan pembangunan yang ada di pemerintah desa masyarakat harus ikut turut serta mengawasi proses perjalanan pemerintah desa.

Ada beberapa hal yang menjadi catatan dan boleh dikatakan manfaat untuk masyarakat."Dari evaluasi kami selaku Camat Padaherang bahwa Desa Karangsari ini belum melakukan proses pembangunan sebagai mana yang sudah dimusawarahkan melalui MUSDUS, sehingga hari ini dipertanyakan oleh masyarakat.

Selanjutnya kaitan dengan kinerja BUMDes, ini sudah menjadi perbincangan di kalangan masyarakat bahwa BUMDes di Desa Karangsari ini tidak sehat, karena ada penyertaan modal yang di gelontorkan kepada BUMDes, namun tidak jelas peruntukannya, sehingga jadi pertanyaan besar di masyarakat.

Ada juga yang berkaitan dengan UMKM, UMKM ini leading sektor nya adalah DISOS PMD dan itu mendelegasikannya kepada BRI yang ada di masing-masing kecamatan, masalah ini sedang dilakukan proses, baik itu yang sudah cair maupun yang belum cair.

Terakhir berkaitan dengan anggaran covid-19, anggaran yang peruntukannya penanggulangan covid 19  yang ada di pemerintah desa itu sudah menjadi keharusan dan kewajiban, karena covid 19 ini sudah menjadi pandemi yang bersekala internasional.

Alhamdulillah dengan dimediasi oleh unsur muspika yang didalamnya ada Danramil, Kapolsek serta lembaga pemerintah, pelaksanaan audensi ini berjalan kondusif, pungkas Kustiman.

Sukiman selaku Kepala Desa Karangsari menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga masyarakat yang sudah hadir untuk mengklarifikasi dan menanyakan program pembangunan yang ada di desa ini."Mudah -mudahan melalui musyawarah pada hari ini, saya selaku kades kedepanya akan lebih berhati hati dan melksakan pekerjaan sesuai dengan aturan yang ada.

Sukiman menambahkan, untuk selanjutnya segala sesuatu pembangunan selalu dimusawarahkan melalui MusDus dan MusDes, agar segala sesuatunya lebih terbuka."Kita juga akan melakukan evaluasi bahkan melakukan tolong ketika ada perangkat yang belum mampuh melakukan pekerjaan sesuai dengan tugas pokonya, hal itu di lakukan agar roda pemerintahan Desa Karangsari berjalan dengan baik tanpa kendala, pungkasnya.(AGUS S)***

 

 

 

Post a Comment

0 Comments