DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Malam Kemerdekaan Kapolres Banjar Pimpin Upacara Renungan Suci di TMP Kusuma Bangsa

Banjar, LHI,- Polres Banjar Polda Jabar - Kepala Kepolisian Resor Banjar AKBP Melda Yanny, S.I.K., memimpin pelaksanaan Upacara Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Bahagia, Jalan Manonjaya-Banjar, Desa Balokang, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, Minggu tengah malam (16 Agustus 2020). Renungan suci tersebut merupakan rangkaian acara memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia.


Sekitar pukul 23.45 WIB Inspektur Upacara tiba dilokasi renungan suci. Acara kemudian dilanjutkan dengan menyalakan cahaya obor sebagai tanda dimulainya renungan.


Tepat pukul 00.00 WIB, Inspektur Upacara, AKBP Melda Yanny, S.I.K., M.H., membacakan naskah renungan suci. "Kami yang hadir pada hari ini, Senin 17 Agustus 2020 pukul 00.00 WIB, pada upacara memperingati akan jasa-jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di makam ini."


Kapolres merinci ada sebanyak 64 pahlawan dari TNI, 2 pahlawan dari Polri, dan 2 dari warga sipil. "Jumlahnya 68 pahlawan," ujarnya.


Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny, S.I.K.,M.H. mendoakan juga pahlawan yang ada di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa. "Saya menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian kehormatan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa," kata Kapolres.


Lebih lanjut, Kapolres Banjar mengatakan, bahwa seluruh peserta yang hadir menyatakan sumpah dan janjinya untuk terus memperjuangkan jasa para pahlawan. "Perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami juga, dan jalan kebaktian yang para pahlawan tempuh adalah jalan bagi kami juga," tutur Kapolres.


"Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapatkan tempat yang sebaik-baiknya," tutup Kapolres.


Upacara yang berlangsung sekitar kurang lebih 15 menit tersebut diselingi mengheningkan cipta, penyalaan obor, dan peletakan karangan di tugu pahlawan, serta pembacaan doa. Penyalaan obor di Kapolres Banjar kemudian disusul oleh para personel Anggota TNI-Polri menyalakan lilin diatas makam para pahlawan.


Turut hadir dalam acara tersebut, Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, Wakil Walikota Banjar, H. Nana Suryana, Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R. Kalyubi, Kepala Kejari Kota Banjar, Gunadi, SH., M.H., Kepala Pengadilan Kota Banjar, Kusman SH., M.H., dan Ketua Pengadilan Agama Kota Banjar. Sejumlah personel gabungan TNI/Polri, meliputi dari personel Polres Banjar, Kodim 0613/Ciamis, Yonif Raider 323/BP Kostrad, para kepala OPD Kota Banjar, BPBD Kota Banjar, Ormas dan LSM Kota Banjar.


Pelaksanaan ucapara renungan suci berlangsung khidmat, walaupun di bawah guyuran hujan lebat. (E1)

Post a Comment

0 Comments