Bupati Irwan Pimpin Apel Gelar Pasukan Satpol PP Meranti,

Meranti LHI

Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, bertindak sebagai Pembina Apel Gelar Pasukan dalam rangka mengecek kesiapsiagaan satuan penegak Peraturan Daerah itu, kepada anggota Satpol PP Bupati mengingatkan jalankan tugas secara profesional, tegas, namun tetap Humanis dengan mengedepankan hati nurani khususnya kepada para pedagang kecil, bertempat di Mako Satpol PP Meranti, Jumat pagi (14/82020).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kasatpol PP Meranti Helfandi SE M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Meranti dr. Misri Hasanto, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Rizki Hidayat, Kabag Humas dan Protokol Meranti Rudi MH, serta sejumlah Pejabat Eselon III dan IV dilingkungan Satpol PP Meranti, dan anggota Satpol PP lainnya.

Kegiatan diawali dengan Pemeriksaan Pasukan oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si didampingi Kasatpol PP Meranti Helfandi SE M.Si.

Dilanjutkan dengan amanat yang disampaikan oleh Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, dalam amanatnya Bupati Irwan, menekankan anggota Satpol PP Meranti harus senantiasa bugar, sehat wal afiat agar dapat melaksanakan Tupoksinya yakni menegakan Perda dan kebijakan Kepala Daerah dengan baik."Satpol PP harus selalu sehat, bugar, sehingga kapan saja dibutuhkan selalu siap siaga, apalagi ditengah Pandemi Covid-19 ini Satpol PP berada dalam Garda terdepan khususnya dalam menertipkan Protokol Kesehatan ditengah masyarakat," ujar Bupati.

Dikatakan Bupati Irwan saat ini telah memasuki digelombang kedua kasus penularan Virus Covid-19, jika tidak diantisipasi dengan baik diprediksi akan lebih berbahaya dibandingkan dengan gelombang pertama. Artinya tugas Satpol PP sebagai satuan pengamanan Protokol Kesehatan semakin berat.

Lebih jauh dikatakan Bupati, jika melihat kinerja Satpol PP Meranti pada upaya pencegahan Covid-19 gelombang pertama Ia menilai sudah sangat berhasil. Dan Bupati Irwan yakin anggota Satpol PP akan lebih siap lagi untuk menghadapi gelombang kedua Covid-19.

"Saya sangat mengapreiasi anggota Satpol PP yang telah menjalankan tugasnya pada gelombang pertama Covid-19 dengan baik khususnya kepada Kasatpol PP dan Kabid Masdiana beserta anggota," ujar Bupati.

Agar dapat menjalankan tugasnya secara optimal namun tetap aman dari penularan Virus Covid-19, Bupati Meranti meminta kepada Dinas Kesehatan untuk mempersenjatai pasukan penegak Perda ini dengan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai Standar Protokol Kesehatan seperti Masker dan Face Shield serta Hand Sanitizer."Saya minta kepada Dinas Ksehatan untuk menyiapkan Face Shield jangan sampai petugas yang tugasnya mengamankan masyarakat dari Covid-19 malah tertular, dan APD untuk melindungi diri merupakan sesuatu yang mutlak,"Tegas Bupati.

Dihadapan para anggota Satpol PP, Bupati kembali menghimbau agar senantiasa menjaga kebugaran untuk menjaga Image ditengah masyarakat jika merasa kurang sehat Bupati meminta anggota Satpol segera memeriksakan diri ke dokter yang telah disiapkan oleh Dinas Kesehatan Meranti.

"Jika petugas yang berada di Garda terdepan tidak bugar maka akan menimbulkan Image yang kurang baik mari jaga kebugaran dan kesehatan jika ditemukan anggota yang kurang sehat segera periksakan diri ke dokter yang telah disiapkan," Jelas Bupati.

Selanjutnya, Bupati mengatakan, Pandemi Covid-19 telah berdampak pada semua sektor kehidupan dan aktifitas masyarakat. Dimana geliat ekonomi semakin menurun, banyak orang kehilangan pekerjaan, pendidikan terganggu. Kondis ini menurut Bupati harus disikapi secara bijak oleh seluruh aparatur pemerintah, tak terkecuali Satpol PP yang juga berkewajiban untuk menjaga agar sektor Ekonomi tetap berjalan dengan baik.

Untuk itu Bupati mengajak anggota Satpol PP untuk berempati atas kondisi tersebut dengan menjalankan Tupoksi secara Humanis mengedepankan hati."Mari kita semua ikut berempati dengan terjun langsung mendorong masyarakat kembali dapat bersemangat dalam menjalankan usaha ditengah daya beli yang semakin menurun,"ajaknya.

Pemda sendiri akan memberikan relaxasi ekonomi khususnya kepada pedagang kecil (kaki lima), UKM/UMKM, dengan mengintruksikan Satpol PP dalam jangka waktu tertentu tidak melakukan penertiban secara keras."Cukup berikan peringatan saja," ucapnya.

Pada kesempatan itu Bupati Kepulauan Meranti sempat menyinggung kasus penggelapan dan pengelakan pajak yang dilakukan oleh oknum swasta bekerjasama dengan kelompok tertentu. Permasalahan ini dikatakan Bupati Irwan sedang menjadi atensi Pemerintah Daerah untuk dituntaskan melalui penindakan tegas.

Sebab dari informasi yang masuk ke Bupati diketahui banyak oknum swasta yang melanggar peraturan daerah dengan melakukan penggelapan pajak atau mengelak pajak salah satunya pada usaha Sarang Burung Walet.  "Jika menemukan pihak swasta atau kelompok yang melakukan penggelapan pajak saya minta Satpol PP tidak segan segan melakukan penindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku," tegas Bupati.

Terakhir Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, mengucapkan rasa bangga dan terimakasih kepada Satpol PP Meranti yang selalu terlihat gagah dan terus menunjukan kinerja yang semakin baik."Ini harus terus diringkatkan termasuk penampilan dengan penyediaan seragam, bertindaklah sesuai koridor hukum, tidak kaku, dengan tidak meninggalkan fungsi Satpol PP sebagai pengayom masyarakat," pungkasnya. (ADV/ RAMLI ISHAK)****

 

 

Post a Comment

0 Comments