TMMD Ke-108 Tahun 2020, Kodim 0316/Batam Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara


Batam,LHI
Memasuki hari ke 18 selain melaksanakan kegiatan Fisik berupa pembangunan Insfrastruktur, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Tahun 2020 Kodim 0316/Batam, juga melaksanakan kegiatan non fisik berupa memberikan Sosialisasi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan.
Dalam kegiatan yang dilaksanakan di halaman SD N 15 Tanjung Gundap Kantor itu tampak diikuti 45 orang warga masyarakat kampung Tanjung Gundap, Sabtu . (18/07/2020).
Pasiter Kodim 0316/Batam Kapten Inf HP. Bangun selaku pemberi materi menjelaskan tentang 3 kunci dasar Wawasan  Kebangsaan yaitu Rasa, Paham serta Semangat.
“Rasa Kebangsaan yaitu dorongan emosional yang lahir dalam perasaan dan alam pikiran setiap warga negara untuk selalu bersama dan bersatu. Paham Kebangsaan adalah paham dengan ciri yang membentuk identitas jati diri dan kepribadian suatu bangsa yaitu Bhineka Tunggal Ika. Semangat Kebangsaan adalah semangat dalam membangun perjuangan hidup bersama sebagai bangsa Indonesia yang mewadahi, memenuhi dan memperjuangkan segala aspirasi dan tujuan hidup,” ungkapnya
Tidak hanya itu, Pasiter  juga menjelaskan bahwa Bela Negara tidak identik dengan memanggul senjata atau militerisasi, 5 nilai dasar Bela Negara yaitu Cinta tanah air, Kesadaran berbangsa dan bernegara, Keyakinan Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara, Rela berkorban untuk bangsa dan negara, Memiliki kemampuan awal bela negara secara fisik maupun non fisik.
Bela negara adalah sikap dan tindakan warga negara yang didasari oleh kecintaan pada negaranya, untuk melindungi dan mempertahankan negaranya dari berbagai macam ancaman, baik ancaman dari dalam negeri maupun ancaman dari luar negeri,” imbuhnya.
Dari pantauan awak media terlihat antusias warga Kampung Tanjung Gundap sangat tinggi dalam mengikuti penyuluhan Wawasan Kebangsaan yang disampaikan oleh Pasiter Kodim 0316/Batam ini. Bapak Ramli salah satu tokoh pemuda kampung Tanjung Gundap mengatakan, "setelah mengikuti penyuluhan wawasan kebangsaan ini rasa cinta dan bangga saya kepada negara kita Indonesia semakin tinggi, kita sebagai generasi muda penerus bangsa mari kita teruskan cita cita para pahlawan pejuang bangsa dengan mengisi kemerdekaan ini sesuai dengan profesi kita masing masing" pungkasnya.(JAHOTMAN.S)***

Post a Comment

0 Comments