DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Tim Expedisi Galunggung Laksanakan Pendakian ke Dinding Ari Gunung Galunggung


Tasikmalaya, LHI
Dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1441 H dan ditengah tengah Pandemi Covid 19, Tim Ekspedisi Galunggung binaan mantan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol (Purn) Dr. H. Anton Charliyan,MPKN melakukan kegiatan pendakian ke Dinding Ari yang merupakan puncak Gunung Galunggung.
“Tim Ekspedisi Galunggung beranggotakan 14 orang yang melakukan pendakian ke Dinding Ari yang merupakan puncak Gunung Galunggung dan kegiatan ini dinilai efektif untuk mengantisipasi lockdown sebagai dampak munculnya virus corona atau covid 19,”jelas Dicky Z.Sastrakusumah didampingi Iwan Setiawan dan Hadi
Dicky Z.Sastrakusumah menjelaskan, bahwa tujuan dari pendakian ke puncak Gunung Galunggung ini merupakan pelaksanaan Ekspedisi VI /2020 dilaksanakan pada hari Kamis (28/5/2020),berangkau dari objek wisata Batu Mahpar Galunggung. “Adapun tujuan dari kegiatan ekspedisi ini antara lain melakukan dokumentasi aneka hayati sumber daya alam yang ada di Kawasan Gunung Galunggung, kemudian  pemantauan spesies langka dan dokumentasi, pengambilan sampel jenis tumbuhan / pohon /bambu unik dan langka, penyelamatan situs-situs dan benda sejarah  serta observasi dan perawatan jalur pendakian serta pemetaan ulang dengan GPS.
“Selama kegiatan pendakian tersebut, kami telah banyak menemukan sesuatu yang menarik Jangkrik Besar setengah jari , makam kuno sepanjang 11 meter,   jamur wulung bercahaya ,   cika-cika (kunang kunang) berukuran besar sebesar jempol ,  pohon berlubang, sarang burung elang dan lain sebagainya.”papar Dicky Z Sastrakusumah dari Rajawali Soekapoera ini.
Sementara itu, Irjen Pol (Purn) Dr.H. Anton Charliyan,MPKN sebagai penasehat Tim Ekspedisi Galunggung mengatakan, bahwa kegiatan Tim Ekspedisi Galunggung yang mendaki puncak Gunung Galunggung sangat besar manfaatnya ditengah tengah wabah atau pandemi virus corona yang melanda Indonesia. “Saya mendukung aktivitas Tim Ekspedisi Galunggung, karena dengan melakukan olahraga ini akan meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari penyebaran Covid 19, kemudian menjauhi kerumunan orang di perkotaan, dan lainnya, juga upaya menggali potensi yang ada di Gunung Galunggung,”pungkasnya. ( REDI MULYADI/ LUKMAN NUGRAHA)***

Post a Comment

0 Comments