Kepala Desa Sendaur Bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kawal Bansos Dari Pendataan Hingga Penyaluran


Meranti L.H.I
Dalam upaya memastikan Bantuan Sosial kepada warga terdampak Covid-19 dapat disalurkan tepat sasaran, Pemerintah Desa Sendaur Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti, bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas mengawal pelaksanaannya mulai dari pendataan hingga ke penyaluran.
Selain itu, pihak-pihak ini juga dilibatkan langsung dalam verifikasi kelayakan sebagai warga penerima manfaat, seperti diakui Bhabinkamtibmas desa sendaur, bahwa pihaknya bersama Babinsa dan kepala Dusun serta RT setempat melakukan verifikasi secara Door To Door.
“Perlu diketahui ada beberapa kriteria yang dijadikan sebagai dasar dalam melakukan verifikasi, yaitu Orang Rentan Miskin (ORM) dan Rumah Tangga Miskin (RTM), yang mana ORM adalah keluarga yang secara langsung terdampak, yaitu orang yang tidak bisa bekerja lagi karena covid-19, dan didalam ORM ini ada dua lagi pecahan kriterianya, begitu juga dengan yang disebut RTM, dan yang pasti kedua golongan ini tidak pernah menerima PKH, BPNT dan Kartu Pra Kerja”. Ujar AIPDA Noprimanto, Jum’at (8/5/2020).
Selain itu dijelaskan Noprimanto lagi, bahwa dengan kriteria itu tidak menutup kemungkinan orang yang dipandang mampu dapat bantuan dan sebaliknya yang dipandang kurang mampu tidak dapat bantuan.“Dengan hal itu, tidak menutup kemungkinan nanti akan ditemui dilapangan, orang yang rumahnya bagus dan punya kenderaan misalnya dapat bantuan, sedangkan orang yang rumahnya tidak bagus dan tidak punya motor tidak dapat, ini perlu diketahui oleh masyarakat bahwa ada beberapa kriteria yang dipenuhi atau pun sebaliknya, dan perlu juga dijelaskan agar tidak terjadi kesalahpahaman ditengah masyarakat”. Ucapnya
Hal senada juga disampaikan Babinsa setempat, menurut Serda Rido Utomo masyarakat jangan sampai terkecoh dengan mekanisme kriteria penyaluran bansos ini, karena penerima manfaat yang sudah melalui pendataan dan verifikasi ini dapat dipastikan tepat sasaran.“Setelah dilakukan pendataan, verifikasi bahkan hingga ke pengawalan pada penyaluran, dapat dipastikan bansos ini tersalurkan dengan tepat sasaran”. Kata Serda Rido Utomo.
Lebih lanjut diharapkannya agar masyarakat tetap waspada akan wabah yang menghantui dunia hari ini, karena itu dia mengimbau masyarakat untuk senantiasa mengikuti arahan resmi dari pemerintah, yaitu melakukan upaya pemutus mata rantai covid-19.
“Dengan mengutamakan kebersihan diri serta lingkungan, menjaga jarak (social distancing), selalu menggunakan masker serta menunda bepergian keluar daerah, berarti masyarakat tersebut sudah menjadi pelaku pemutus mata rantai wabah ini, dan yang terpenting lagi, tidak mendengar apalagi ikut menyebarkan berita yang belum pasti kebenarannya alias hoax”. .Tutur Babinsa.
Terakhir, Kepala Desa Sendaur mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama pemerintah daerah kabupaten yang telah peduli terhadap kondisi masyarakat ditengah pandemi ini, dia berharap dengan adanya bantuan sosial berupa, 28 kg beras, 30 butir telur, 1 kaleng sarden, 2 kg minyak goreng, 1 kotak mie instan dan 3 kg gula pasir ini, dapat membantu meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19. 
“Kami atas nama Pemerintah Desa Sendaur mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, karena sudah menyalurkan bantuan sosial berupa sembako kepada 122 penerima manfaat didesa Sendaur, harapan kami semoga bantuan ini memberi manfaat pada masyarakat yang berada ditengah musibah wabah global saat ini, selain itu kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersinergi, dalam membantu pelaksanaan penyaluran bansos ini, khususnya pihak TNI dan Polri”. Ungkap Ardianto, S.Thi. (RAMLI ISHAK)

Post a Comment

0 Comments