DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Dua Warga Lampung Utara Berstatus OTG Terkonfirmasi Positif Covid 19


Lampung Utara –LHI
Dua warga Lampung Utara berstatus orang tanpa gejala (OTG) terkonfirmasi positif covid-19, hal tersebut disampaikan Plt Bupati Lampung Utara Hi Budi Utomo selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Lampung Utara, saat menggelar konferensi pers di halaman rumah jabatan wakil bupati lampura, Kamis malam (23/04/2020).
Terkonfirmasi positif nya dua warga Lampura ini setelah pihaknya menerima  hasil pemeriksaan laboratorium Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Palembang, ” Kedua nya adalah warga Kecamatan Abung Timur, K#3 dan K4 LU,(terkonfirmasi positif 3 dan 4 Lampung Utara) dan mereka adalah pelaku perjalan ke Gowa, Sulsel dan bengkulu yang menggunakan travel bersama warga lainnya tersebar di beberapa kecamatan kita,” ucap Budi Utomo.
Untuk K#3 sendiri, menurutnya telah melalui dua kali rapid tes dengan hasil negatif dan K#4 hasil negatif, mereka saat ini dalam keadaan baik dan sedang mengikuti karantina mandiri yang dianjurkan pemerintah dikediamannya masing-masing.“Khusus untuk K#4 beberapa warga berada dalam satu mobil travel yang berangkat ke Bengkulu, itu tersebar dibeberapa kecamatan. Macam Bunga Mayang, Sungkai Selatan dan Sungkai Utara, “terangnya.
Atas kejadian itu, pihaknya langsung menginstruksikan  organisasi perangkat daerah untuk dapat melakukan prosedur sebagai mestinya. Mulai dari lingkungan tempat tinggal epidemologis dan lainnya dijalankan sesuai protokol kesehatan yang disarankan pemerintah.
” Kedua warga terkonfirmasi ini dalam keadaan baik, dan untuk kejadian kita belum melaksanakan peningkatan status menjadi pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Sebab, penularan terjadi baru pada pelaku perjalanan belum antar indiviu atau keluarga lainnya, ” ujar Budi
Usai memberikan keterang resminya, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 setempat langsung melakukan penjemputan warga terkonfirmasi positif dikediamannya. “Tentunya dengan cara persuasif, mereka di jemput untuk ditempatkan di ruang isolasi khusus yang disediakan pemerintah daerah di Islamic Center Kotabumi,” terang Budi
Kepada masyarakat Budi menghimbau, untuk tetap menjaga jarak, tidak berpergian keluar rumah saat tak ada kepentingan mendesak. Lalu, menjaga daya tahan tubuh melalui pola hidup sehat dan bersih, memakai masker bila ada keperluan keluar rumah. pesannya
Diketahui, berdasarkan Website resmi Pemkab Lampura (covid.lampungutarakab.go.id) per Kamis, 23 April 2020 positif covid-19 bertambah dua orang. Dari sebelumnya 2 menjadi 4, dan 9 orang dalam pemantauan (ODP) serta 96 orang selesai dilakukan pemantauan.(NP)


Post a Comment

0 Comments