Untuk Meningkatkan PAD, Pemkab Pangandaran Pasang 230 Tapping Box dan Tapping Server di Hotel dan Restoran


Pangandaran LHI
Pemerintah Kabupaten Pangandaran bekerja sama dengan Bank BJB untuk menyediakan alat monitoring transaksi usaha Tapping Box dan Tapping server untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD), dalam hal ini pajak Hotel dan Restoran. Tapping box dan tapping server merupakan alat monitoring transaksi usaha yang dipasang di mesin kasir untuk menghitung setiap transaksi yang terjadi di tempat usaha.
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Pangandaran Hendar Suhendar mengatakan, sekarang kita sedang lakukan pemasangan tapping bok dan tapping server di hotel dan restoran, kita targetkan di 230 hotel dan restoran, sementara yang baru terpasang baru 54 hotel dan restoran dengan jenis yang berbeda, ada yang di pasang tapping box dan ada juga yang di pasang tapping server, itu di sesuai dengan mekanisme di masing masing hotel dan restoran, Senin (17/02/202).
Diharapkan dengan dipasangnya tapping box dan tapping server dapat mengontrol dan mengawasi transaksi para pengusaha hotel dan restoran untuk mengoptimalkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pangandaran
Hendar menjelaskan hal ini dilakukan untuk menggali potensi pajak daerah melalui data yang tepat dan benar dan tidak lagi melalui asumsi, seperti pajak hotel dan restoran misalnya, merupakan titipan dari pelanggan restoran yang harus disetor ke negara, dana dari pajak tersebut akan digunakan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Pangandaran, seperti perbaikan jalan, infrastruktur, dan fasilitas umum lainnya.
Dalam hal ini pemerintah daerah bekerja sama dengan Bank BJB, karena nilai anggarannya hampir 2 milyar, makanya kita gandeng pihak ke tiga, kita sudah melakuka MOU dengan Bank BJB selaku penyedia alat, papar Hendar.
Seterusnya pemerintah kabupaten Pangandaran minta ke Bank BJB kepada penornya, Penor harus melakukan pendampingan selama satu tahun.Dengan adanya pemasanganTapping box dan tapping server, realisasi pajak di Kabupaten Pangandaran diharapkan bisa mencapai target, bahkan lebih.(AGUS S)

Post a Comment

0 Comments