Proyek Pemadatan Jalan Dusun Pasirmacan Desa Pagerbumi Bersumber dari Dana Desa (DD) Diduga Jadi Bancakan


Pangandaran LHI
Realisasi Dana Desa (DD) tahap 3 Tahun 2019 di Desa Pagerbumi, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, diduga menjadi “Bancakan” jajaran TPK Desa setempat. Pasalnya, proyek pemadatan Jalan Usaha Tani di Dusun Pasir macan sepanjang 130 meter, realita di lapangan tidak sesuai dengan perencanaan.
            Seperti yang di sampaikan salah seorang warga Dusun Pasir macan, Agus Hendra yang juga turut membangun pemadatan jalan tersebut secara swakelola. “Jadi begini pak, ini kan proyek pemadatan jalan Dusun Pasir Macan dengan panjang 130 meter dan lebar 2 meter, namun pada realitanya itu kurang dari 130 meter, Pasalnya jalan tersebut sudah di cor rel sebelumnya sekitar 70 meter, artinya di jalan sepanjang 70 meter itu yang di kasih pemadatan hanya 50 cm , artinya pemadatan  jalan tersebut kurang dari 130 meter bahkan di perkirakan ada sekitar  40 meter selisihnya, “ungkap Agus kepada LHI pada hari Sabtu  (25/01/2020)
Agus Hendra menambahkan, bahkan ada sisa silfa di bagi bagi kepada orang orang yang ikut serta di dalamnya, salah satunya sodara saya, dia mendapat jatah bagian dari panitia namun dia gunakan untuk beli gorong gorong dan di pasangkan di jalan yang menuju sawah, kita gak butuh uang yang kurang halal, meskipun kita orang butuh, paparnya.
Di kesempatan yang sama, salah satu anggota BPD membenarkan adanya permasalahan pada proyek pemadatan Jalan Usaha Tani Dusun Pasir macan, anggarannya dari Dana Desa (DD) tahap 3 tahun anggaran 2019, kurang lebih Rp 45 Juta, dirinya juga sempat menyampaikan hal ini ke pihak pemerintah desa, namun seolah olah tidak di dengar oleh sebelah mata, soalnya hingga saat ini tidak ada realisasinya.
            Secara teknis kan kewenangan nya ada di TPK, kita BPD hanya menampung aspirasi dari setiap dusun, soal pemantaua juga ada LPM, kita dari BPD sudah melaporkan permasalahan ini ke LPM juga pemerintah desa Pagerbumi, namun tidak ada tindak lanjutnya, pungkas salah satu anggota BPD.
            Hingga berita ini diturunkan pihak media belum menemui Kepala Desa Pagerbumi untuk minta keterangan yang bisa dikutip.(AGUS S)

Post a Comment

0 Comments