DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Pemerintah Kecamatan Rupat Peringati Hari Lahir Pancasila


Rupat,LHI
Pemerintah Kecamatan Rupat melaksanakan upacara pengibaran bendera sempena memperingati hari lahir Pancasila tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 01 Juni. Upacara ini dilaksanakan di lapangan kantor Camat Rupat pada pagi hari tadi, Sabtu/01 Juni 2019.
            Dalam upacara tersebut turut hadir Upika Kecamatan Rupat, Lurah Se- Kecamatan Rupat, Kepala UPT Se- Kecamatan Rupat, dan seluruh ASN baik itu PNS maupun Tenaga Honorer di wilayah pemerintahan Kecamatan Rupat.
Camat Rupat Hanafi, S.Pi.,M.Si selaku Pembina upacara menyampaikan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia pada peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 ini.Dalam sambutan tersebut disampaikan bahwa Pancasila merupakan pemersatu suatu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
            “Kita patut panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kita dapat berkumpul dan mengadakan upacara untuk memperingati hari kelahiran Pancasila. Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.”ujar Camat Rupat.
            “Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan Pandangan hidup bangsa yang digali olah para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.”lanjut Camat Rupat.
Camat Rupat menyampaikan bahwa Pancasila sebagai suatu keyakinan dan Pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.“Dalam Konteks itulah, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan, pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar Negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.” Jelas Camat Rupat.
“Kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.”lanjutnya.
Kemudian, Camat Rupat juga menyampaikan bahwa melalui peringatan hari kelahiran pancasila 1 juni 2019, pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “Politik Harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
            “Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara, dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan  mamur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.” ujar Camat Rupat. (SUPRAPTO)***

Post a Comment

0 Comments