PemkabOKU Selatan

PemkabOKU Selatan
Idhul Adha 1445 H

Kegiatan Pemerintah Desa Pancur Jaya Bersama Camat Rupat Serahkan Bantuan Alat Pertanian Kepada Poktan


 


Rupat, LHI

Kegiatan PJ Kepala Desa Pancur Jaya dr.Nelya Sasmita   Camat Rupat Hariadi,S.Sos.M.Si,  Ketua TP PKK Kecamatan Rupat Herlina, SH, dan Serta Ketua TP PKK Pancur Jaya Sri Roviqo,SE dan Ketua Pokja saat melakukan Penanaman Tanaman Kelor di sepanjang pinggiran jalan wilayah Dusun I, mengatakan Upaya ini merupakan salah satu tindakan yang memiliki banyak manfaat, selain sebagai Penghijauan juga daun dari tanaman ini mengandung seribu manfaat bagi kesehatan. Proses Penanaman Tanaman Kelor ini juga diikuti seluruh Tim Gerakan Kampung Bersih ( GEKASIH) Yang terdiri dari seluruh Perangkat desa, Lembaga Desa dan Masyarakat.

Nelya menjelaskan Adapun pemanfaatan tanaman kelor di Indonesia sendiri saat ini masih terbatas. Masyarakat biasa menggunakan daun kelor sebagai pelengkap dalam masakan sehari-hari, seperti dijadikan sebagai lalapan, teh kelor, sayur, gorengan, dan lain sebagainya. Kemudian, tidak sedikit juga yang menjadikan tanaman kelor hanya sebagai tanaman hias yang tumbuh pada teras-teras rumah, bahkan di beberapa wilayah di Indonesia pemanfaatan daun kelor lebih banyak untuk memandikan jenazah, meluruhkan jimat, dan sebagai pakan ternak.

Juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, tanaman kelor memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi manusia. Daun Moringa oleifera atau kelor kaya akan nutrisi penting seperti protein, vitamin (A, B, C, dan E), mineral (kalsium, zat besi, magnesium), serta asam amino esensial. Daun kelor juga mengandung senyawa fitokimia seperti flavonoid dan polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Antioksidan ini membantu melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya, yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan kerusakan sel. Kemudian, sifat antiinflamasi dari daun kelor dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, dan meredakan gejala dari berbagai kondisi peradangan.

Nama Daun kelor telah terbukti dapat mempromosikan kesehatan jantung dengan mengatur kadar lipid darah dan mengurangi stres oksidatif. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Lipids in Health and Disease” menunjukkan potensi daun kelor dalam menurunkan kadar kolesterol dan menghambat pembentukan plak di arteri, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, Daun kelor telah lama digunakan untuk mendukung kesehatan pencernaan. Daun ini memiliki sifat alami sebagai antibakteri dan antijamur yang dapat membantu melawan patogen berbahaya dalam sistem pencernaan.

Dengan profil nutrisi yang luar biasa dan khasiat yang menakjubkan untuk kesehatan, daun kelor (Moringa oleifera) tanpa diragukan lagi adalah tambahan yang berharga untuk gaya hidup sehat. Seiring dengan penelitian yang terus berkembang, tumbuhan yang luar biasa ini mungkin menyimpan lebih banyak rahasia untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan manusia.

Selain itu hasil dari daun tanaman kelor ini juga nantinya, akan kami oleh sendiri sebagai salah satu produktifitas unggulan Desa Pancur Jaya, Dengan Kapasitas yang lebih tinggi dengan melalui pemasaran Bumdes Pancur Mandiri dan Pemasaran ke luar.  Jelas Pj. Kades Pancur Jaya dr. Nelya Sasmita yang juga Seorang Dokter Umum dan Kepala UPT Puskesmas Teluk Lecah.

Setelah melakukan Penanaman Simbolis Tanaman Kelor, Tak jauh dari lokasi awal Camat Rupat Bersama Ketua TP PKK Kecamatan Rupat dan Pj. Kades Pancur Jaya langsung ke Lokasi Perkebunan Kelompok Tani Gapoktan Pancur Jaya untuk melakukan Penyerahan Alat Pertanian berupa Mesin Penyiram Tanaman (Robin), dan Traktor Mini Mesin Pembajak Tanah serta melakukan uji coba dilapangan.

Camat Rupat mengatakan, Program ini sangat bagus, merilis dari ucapan nara sumber ketua Gapoktan Tedi Setiawan kepada Camat Rupat, Hasil dari budidaya tanaman Pangan dan Hortikultira yang lagsung di pasarkan kepada konsumen, dengan kualitas sayuran yang lebih segar dan harga yang relative jauh lebih murah, sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh semua pihak.

Semua Kami dari Pihak Pemerintahan Kecamatan sangat mengapresiasi kinerja Program Pj. Kades Pancur Jaya ini, dengan memberikan bantuan peralatan pertanian sehingga bisa meningkatkan Pendapatan dan Perekonomian Keluarga kelompok tani, Ujarnya.

Beberapa Ikut Ketua TP PKK Kecamatan Herlina, SH sembari ikut melihat dan memanen tanaman sayuran Kacang Panjang, Jagung, dan terong di Kebun Poktan saat di temui mengatakan “Melihat tanaman yang tumbuh subur dan sehat, beliau sangat mendukung kegiatan Poktan ini, Kami harap makin sukses kedepan dan tak lupa juga beliau mengatakan semoga Program ini juga bisa dilakukan oleh desa dan kelurahan lainnya. Tutur Herlina.(16/05/2024). #SUPRAPTO.

 

Post a Comment

0 Comments