DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Tingkatkan Ekonomi Keluarga, TP PKK Labuhan Tangga Besar Pelajari Cara Penanaman Sistem Hidroponik


 


Rokan Hilir -- LHI

Dalam upayanya untuk peningkatan ekonomi keluarga, Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melakukan studi banding kelokasi budidaya penanaman sayur dan buah-buahan pola hidroponik milik Kamal Hidroponik Jalan Imigrasi Kelurahan Bagan Kota Bagansiapiapi, Selasa (27/02/2023).

Ketua TP PKK Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar, Eza Wahyuni menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan PKK yang dipimpinnya berkeinginan untuk mencari pengetahuan baru yang dapat memberikan manfaat positif serta dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

" Kami melakukan study untuk mempelajari penanaman sayur dan buah-buahan pola hidroponik yang kelihatannya sangat menjanjikan untuk menambah penghasilan keluarga. Hal itulah yang membuat kami dari Ibu PKK Labuhan Tangga Besar tertarik untuk mempelajarinya," kata Eza Wahyuni.

Lanjutnya,"  Selama ini yang kami ketahui pola tanam sayur dan buah itu seperti pada umumnya yang dilakukan petani dengan menanam di tanah, tapi dengan penanaman pola hidroponik ini tidak menggunakan tanah, tapi hanya menggunakan pipa dan sirkulasi air serta pompa pengatur air," terangnya.


Dikatakannya lagi, bahwa bagi ibu rumah tangga bila memiliki tanaman sayur, cabe, daun sop serta tanaman obat sudah sangat membantu kebutuhan keluarga dan jika jumlahnya lebih banyak dapat dijual ke pedagang sayur sebagai tambahan keuangan keluarga.

" Bagi kami kaum ibu-ibu ini, jika memiliki tanaman sayur , cabai, buah- buahan dan tanama obat yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan pekarangan rumah sudah sangat meringankan beban ekonomi keluarga. Jika ingin memasak kita tinggal ambil dan petik di perkarangan seperti cabai, sayuran, daun sop, tomat, serai, daun ubi dan lain sebagainya, dan jika jumlahnya banyak bisa dijual, " ungkapnya.

Eza Wahyuni mengharapkan kedepannya, TP PKK Labuhan Tangga Besar dapat menerapkan pola tanam Hidroponik ini dalam upaya peningkatan ketahanan pangan dan ekonomi keluarga.

Sementara itu, pemilik usaha tanaman sayur dan pembibitan buah-buahan , Kamal Hidroponik yang berdomisili di Jalan Imigrasi kota Bagansiapiapi menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Ibu-ibu TP PKK Labuhan Tangga Besar Kecamatan Bangko.

" Kami ucapkan terimakasih atas kunjungan Ibu-ibu TP PKK Labuhan Tangga Besar dan kami selaku pemilik usaha hidroponik welcome saja bagi siapa saja yang ingin berkunjung dan belajar bagaimana pola tanam hidroponik ini," kata Kamal.

Dikatakan Kamal, bahwa tempat usaha pola tanam hidroponiknya yang sudah ditekuninya selama 3 tahun tersebut selalu dikunjungi dari berbagai instansi dan organisasi untuk belajar pola tanam hidroponik. Bahkan ada juga siswa sekolah yang melakukan study magang di tempatnya.

" Bagi masyarakat , instansi maupun organisasi yang ingin lebih jauh mempelajari pola tanam hidroponik, saya siap di undang untuk memberikan bimbingan langsung atau memberi arahan tata cara pembuatan sampai penanaman pola hidroponik dan memberi keterangan bagi pengunjung di lokasi usaha saya," ucapnya.(SB)*

 

Post a Comment

0 Comments