DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Staf Ahli Randolph Pimpin FGD Kepulauan Meranti Dalam Angka 2024 Dan Metadata Rekomendasi Statistik

 

 



MERANTI -
Badan Pusat Statistik bersama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Focus Group Discussion (FGD) Persiapan Rilis Publikasi Kabupaten Kepulauan Meranti Dalam Angka 2024 dan Pelaporan Metadata dan Rekomendasi Statistik Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruangan Command Center Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian tersebut dibuka oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Dan Keuangan, Randolph Willy Hutauruk SPi MSi, Selasa (27/2/2024).

Dalam sambutannya, Staf Ahli Randolph mengingatkan akan pentingnya kegiatan ini dalam upaya menjalankan amanat Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019

Tentang Satu Data Indonesia dan Peraturan Bupati Nomor 92 Tahun 2022

Tentang Penyelenggaraan Satu Data Indonesia, dalam menjamin pengolahan dan penyajian data yang berkualitas bagi daerah.

"Kegiatan ini dianggap sangat penting, karena perencanaan tanpa data sama saja seperti perjalanan orang buta, oleh karena itu kebutuhan data menjadi sangat krusial

dalam menjamin tersajinya data yang terkualifikasi, terstruktur dan terstandarisasi," ujar Randolph.

Lebih lanjut kata Randolph, data yang tepat akan menghasilkan perencanaan yang tepat, sehingga target yang disusun akan lebih terukur dengan data yang baik dan memudahkan perbaikan dalam penyiapan data sektoral dan data daerah dalam angka kedepannya.

Kepala BPS Kepulauan Meranti Sumi'rad, melalui Kasubbag Umum Andri Suhery, SST MSi menyebut, saat ini Kabupaten Kepulauan Meranti mengalami banyak perubahan data dari sebelumnya dan pihaknya berkewajiban memastikan data-data tersebut memenuhi kualifikasi. "Saat ini telah terjadi banyak perubahan, dimana sebelumnya BPS sebagai produsen data, sekarang kita harus ikut menjamin data tersebut memenuhi kualifikasi", terangnya.

Andri juga menjelaskan, tujuan dari pelaksanaan FGD ini adalah dalam rangka Persiapan Rilis Publikasi Kabupaten Kepulauan Meranti Dalam Angka 2024 serta memberi pembekalan dan melatih perangkat daerah melalui mekanisme pengisian metadata pada masing-masing perangkat daerah.

Kepala Dinas Kominfotik Febriady, melalui Kabid Statistik dan Persandian, Budi Hardiantika S Kom didampingi Statistik Ahli Muda, Rizal Antoni SE, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini.

Budi berharap, melalui FGD ini kebutuhan data statistik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dapat terpenuhi secara optimal. "Atas nama Diskominfotik, kami mengapresiasi langkah yang dilakukan BPS, serta berterimakasih kepada seluruh perwakilan perangkat daerah telah memenuhi undangan untuk kepentingan kita bersama, mudah-mudahan dengan terlaksananya kegiatan ini, kebutuhan metadata statistik Kabupaten Kepulauan Meranti dapat terpenuhi secara optimal,"

Turut mengikuti acara, sejumlah pejabat Eselon III dan Eselon IV dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, Pimpinan PLN Selatpanjang, dan sejumlah pejabat lintas OPD lainnya. (RAMLI ISHAK/ Diskominfotik)

Post a Comment

0 Comments