DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Rohil Darurat Banjir, Bupati Afrizal Sintong Minta Warga Waspada


Rokan Hilir – LHI.

Dari 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir, sudah 11 Kecamatan yang terdampak banjir, dimana ada satu Kecamatan (Rantau Kopar) sudah 100 persen rumah warganya terendam banjir.  Sehingga Rokan Hilir saat ini dinyatakan darurat banjir. Demikian di sampaikan Bupati Rohil Afrizal Sintong saat mengunjungi warga terdampak banjir di Kelurahan Bagan Timur dan Bagan Jawa Kecamatan Bangko, Jumat Sore (12/1/2023).

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya menyampaikan rasa prihatinnya kepada warga yang terdampak banjir dimana musibah banjir ini telah melanda 11 Kecamatan di Rohil. Dan bukan hanya Rohil saja yang mengalami banjir tapi hampir seluruh Kabupaten di Riau.

"Sore hari ini kami dari Pemkab Rohil berkesempatan hadir di sini untuk meninjau warga yang terdampak banjir di Kabupaten Rokan Hilir yang salah satunya di daerah Bagan Timur dan Bagan Jawa Kecamatan Bangko. Dimana saat ini sudah 11 Kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir ini terdampak musibah banjir," kata Afrizal Sintong.

Lanjutnya," kemarin kami juga sudah meninjau banjir di daerah Sedingin, Sei Keladi dan Rantau Kopar dan berdasarkan data yang masuk ada sekitar 42.000 KK warga Rohil yang terdampak banjir dan bahkan di Kecamatan rantau kopar itu sudah 100% terdampak banjir," terang Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan ada 200 paket sembako yang akan dibagikan kepada warga Kelurahan Bagan Timur dan Kepenghuluan Bagan Jawa yang terdampak Banjir.

Bupati juga mengatakan bahwa saat ini Dinas sosial masih menginput data warga dari 11 Kecamatan yang terdampak banjir.

"Saat ini Dinas Sosial sedang menghimpun data warga dari 11 Kecamatan yang terdampak banjir. Mudah-mudahan nanti bisa kami salurkan bantuan ke seluruh masyarakat Kabupaten Rokan Hilir yang terdampak banjir," ungkapnya.

Banjir tahun ini terang Bupati, merupakan yang terbesar melanda daerah Rokan Hilir dan Propinsi Riau dimana hampir seluruh Kabupaten/Kota terdampak banjir. Bupati Rohil Afrizal Sintong menghimbau kepada masyarakat Rokan Hilir untuk berhati-hati dan waspada terhadap situasi banjir saat ini karena sudah ada korban jiwa di Rohil..

"Perlu kami sampaikan kepada kita semua, bahwa Banjir kali ini yang paling besar, jadi diharapkan semua warga yang terdampak banjir untuk berhati-hati. Karena di dalam musibah banjir ini sudah ada korban jiwa sebanyak dua orang, satu orang tua di Sei Keladi dan satu lagi anak-anak tenggelam di daerah Sintong Pusaka," jelasnya.

Bupati berharap agar masyarakat Rohil terus berhati-hati dan waspada terhadap situasi banjir ini karena saat ini Rohil bukan lagi status siaga banjir lagi tapi sudah darurat banjir. Untuk itu di sampaikan kepada Datuk Penghulu dan Lurah untuk mendata warganya yang terdampak banjir serta yang mengalami sakit dapat segera dilaporkan.

"Kami ingatkan kepada RT, RW, Datuk Penghulu, Lurah dan Camat untuk melakukan pendataan dan pengawasan terhadap masyarakat kita yang terdampak musibah banjir."

" Dan bagi masyarakat yang terdampak banjir yang mengalami sakit diare, demam atau gatal-gatal untuk wilayah Kecamatan Bangko bisa langsung berobat ke RSUD Pratomo dengan membawa kartu BPJS dan bagi yang tak memiliki BPJS bisa bawa KTP saja, kami akan layani masyarakat kita yang terdampak banjir dengan berobat gratis," pesan  Bupati. (SB)

Post a Comment

0 Comments