DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Rakor Dengan BNPB RI, Pemkab Meranti Terima Dukungan Dana Siap Pakai dan Logistik Penanganan Bencana

 

 

 


PEKANBARU
- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar mengikuti Rapat Koordinasi Bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia di Aula Balai Serindit Pekanbaru, Jumat (19/1/2024).

Dalam Rakor tersebut, Plt Bupati Asmar didampingi Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Kurnia Setiawan, dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Muhlisin.

Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto, SSos MM, menyebutkan pihaknya mencatat 109 bencana sejak 1-18 Januari 2024 di seluruh wilayah NKRI.

Dia juga mengingatkan setiap pemerintah daerah dapat mengajukan Bantuan Dana Siap Pakai yang telah disediakan BNPB.

"Dana Siap Pakai merupakan dukungan BNPB untuk penanganan Darurat Bencana di Daerah, kami melihat kesempatan ini belum di maksimalkan pemerintah daerah," imbuhnya.

Pada kesempatan ini, BNPB RI turut menyerahkan dukungan logistik untuk provinsi Riau diantaranya paket sembako, makanan siap saji, tenda, genset, perahu polyetelin, pompa alcon, tower lamp.

Gubernur Riau, Brigjen TNI (Purn) Edi Natar Nasution memaparkan terdapat 10 kabupaten/kota yang terdiri dari 41 kecamatan dan 121 desa yang saat ini terdampak banjir di seluruh Riau.

Pemprov Riau, lanjut Gubri, telah menetapkan status siaga darurat bencana hidrometeorologi untuk jangka waktu 22 Desember 2023 hingga 31 Januari 2024.

Sementara itu masyarakat yang terdampak banjir hingga 15 Januari 2024 berjumlah 147.301 jiwa. "Dapat kami sampaikan kebutuhan mendesak masyarakat yang terdampak banjir di Provinsi Riau meliputi sembako, air minum, tenda pengungsi, perahu, selimut dan kelambu, tikar, obat-obatan hingga dapur umum," ungkap Gubri Edi Natar.

Kepala BPBD Kabupaten Kepulauan Meranti Muhlisin, menyampaikan terima kasih atas bantuan ini dan berharap dapat menjadi stimulus bagi penanggulangan bencana banjir di Kepulauan Meranti.

"Alhamdulillah kita mendapat bantuan Dana Siap Pakai dan bantuan logistik dari BNPB RI, semoga bantuan ini bisa menjadi stimulus penanggulangan bencana Banjir di Kepulauan Meranti, tentunya kita akan terus berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Riau dan BNPB RI untuk lebih meningkatkan sarana dan logistik penunjang agar lebih baik kedepannya," ucap Muhlisin.

BNPB RI juga menyerahkan bantuan operasional Dana Siap Pakai bagi 10 Kabupaten/Kota di Riau masing-masing sebesar 250 juta rupiah.

Sementara itu, Pemprov Riau, Polda Riau dan Korem 021 Wira Bima juga menerima bantuan Dana Siap Pakai masing-masing sebesar 350 juta rupiah.

Turut hadir mengikuti rakor, Forkopimda Provinsi Riau, Bupati/Walikota, Kapolres, Dandim, dan Kepala BPBD se-Provinsi Riau. (PONIATUN/ Diskominfotik)

 

Post a Comment

0 Comments