DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Potensi Konflik di Desa Nyatnyono Terkait Pengurus Makam Waliyullah Hasan Munadi

 



Kabupaten Semarang, LHI

Wisata religi Kabupaten Semarang, yang meliputi makam waliyullah Hasan Munadi dan sendang Kalimah Toyibah di Desa Nyanyono, Kabupaten Semarang, berpotensi memicu konflik warga pada Selasa, 30 Januari 2024.

Selama puluhan tahun, kepengurusan lokal bertanggung jawab atas pemeliharaan makam, awalnya dilakukan oleh masyarakat yang peduli untuk membersihkan dan merawatnya. Namun, seiring berjalannya waktu, muncul sendang yang diyakini memiliki karomah, terkenal dengan nama Sendang Kalimah Toyibah.

Dengan banyaknya peziarah dan sumbangan dana, makam dan lingkungan sekitarnya bisa terawat dengan baik. Namun, beberapa warga menyampaikan ketidakpuasan terhadap kepengurusan baru yang dibentuk tanpa koordinasi dengan kepengurusan lama, menimbulkan gejolak di antara mereka.

Salah satu warga menyatakan bahwa keputusan Kepala Desa dalam membentuk struktur kepengurusan baru tidak melibatkan kepengurusan lama untuk berkoordinasi, menyebabkan ketidakpuasan di kalangan mereka yang telah mengabdi puluhan tahun di makam tersebut. Warga meminta Kepala Desa agar memberikan penjelasan dan keterlibatan anggota TNI dalam struktur baru kepengurusan. (TIM)***

 

Post a Comment

0 Comments