DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Peresmian Bangunan Pusat Jajanan Rakyat BUMDes Sinergi Desa Parigi Kab. Pangandaran

 


Pangandaran LHI

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan usaha desa atau bisnis desa yang dibentuk oleh pemerintah desa, dan berbadan hukum. Pemerintah desa dapat mendirikan BUM Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa. Pembentukan BUMDesa ditetapkan dengan Peraturan Desa (PERDES).

BUMDes Sinergi Desa Parigi Kec. Parigi Kab. Pangandaran mengadakan do'a bersama sekaligus peresmian atas selesainya pembangunan sarana prasarana UMKM. tujuan diadakannya pembangunan tersebut untuk di jadikan pusat jajanan rakyat, yang merupakan salah satu unit usaha bumdes Sinergi, minggu 13 Januari 2024.

Kegiatan tersebut di adakan di Alun-alun Desa Parigi, kegiatan itu dihadiri oleh Pemdes Parigi dan unsur lembaga desa parigi, pengelola BUMDes, BPD, LPM dan juga 37 Pedagang sebagai mitra Bumdes.

Depi Priatna selaku Direktur BUMDes Sinergi merangkap direktur Bank Sampah Sritani Sahate desa parigi menyatakan tujuan BUMDes seperti dalam Permendesa PDT dan Transmigrasi No. 4/2015 adalah, meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa.

"Dengan dilakukannya penataan para pedagang atau pelaku UMKM menjadi pusat jajanan rakyat berharap bisa naik kelas dari yang hanya pedagang dorongan tak tertata menjadi pedagang tetap di pusat jajanan rakyat bumdes sinergi desa parigi" imbuhnya.

"Beberapa unit usaha bumdes sinergi yang sudah berjalan, unit usaha PPOB/Brilink, unit usaha Pengelolaan Aset Desa (Eks Terminal) menjadi pusat jajanan rakyat, WiFi Desa, unit usaha pengelolaan Sampah bermitra dengan Bank Sampah Sritani Sahate dan rencana selajutnya membuka unit usaha yang lainnya, diantaranya Usaha Wisata Edukasi dan Kuliner, unit usaha Produksi dan Kerajinan Desa" tutur Depi priatna.

Dalam kesempatan yang sama Pak Ayi Usman selaku sekretaris desa mewakili kepala desa mengucapkan sangat berterima kasih kepada pengurus bumdes sinergi yang telah bisa berkolaborasi dengan pemdes dalam upaya memajukan desa parigi, dalam sambutannya ia juga menyampaikan bahwa pembangunan ini bersumber dari Dana Desa TA 2023 dan Insyaalloh ada pembangunan tahap lanjutan dalam melengkapi fasilitas pusat jajanan rakyat ini dan berharap kita semua dapat merawat dan memelihara dengan baik". 

Ketua BPD Desa Parigi Dhany Aditya Dharma berharap dengan tertatanya salah satu unit usaha bumdes dalam bidang kuliner selain dapat meningkat tingkat kesejahteraan masyarakat guna mempermudah masyarakat parigi yang ingin jajanan murah dan berkualitas.           "Sekarang masyarakat tidak perlu lagi pergi jauh semua sudah tersedia di mitra bumdes sinergi, kami akan menjalin kolaborasi yang baik antara mitra bumdes sinergy yaitu pedagang dengan bumdes demi tercipta nya ekonomi di desa parigi yang lebih baik, keuntungan yang didapat oleh bumdes salah satunya adalah untuk meningkatkan PADes Desa parigi, maka dari itu perlu adanya support yang serius dari pemerintahan desa parigi untuk kemajuan ekonomi masyarakat desa sesuai dengan yang diamanatkan dalam penggunaan dana desa TA 2024 selain stunting yaitu yang menjadi skala prioritas adalah pembangunan ekonomi. Dia juga berharap dan memohon doanya kepada semua lapisan masyarakat khususnya yang berada di Desa Parigi semoga kedepan bumdes sinergy dapat lebih maju lagi dan sesuai namanya dapat bersinergy dengan semua pihak khusnya pemerintahan desa parigi " tutup Dhany Aditya Dharma"(Emis/AS)**

Post a Comment

0 Comments