DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Rohil Raih Komisi Informasi Award 2023 Kategori Peringkat Informatif se-Kabupaten/kota



Rokan Hilir - LHI

Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong yang diwakili Asisten III Ali Asfar menghadiri malam puncak anugerah Keterbukaan Informasi Publik KI Riau Award 2023 di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (21/12/2023) malam. Penyerahan piagam Komisi Informasi Riau Award merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh Komisi Informasi Provinsi Riau yang bertujuan untuk mengukur kepatuhan Badan Publik yang telah mengimplementasikan undang-undang Keterbukaan Informasi Publik.

Adapun kategori piagam penghargaan KI Award 2023 yang diperoleh Pemkab Rokan Hilir adalah kategori Peringkat Informatif se Pemerintah Kabupaten/Kota. Untuk tahun ini, kategori KI Award diantaranya Kategori desa, SMA Sederajat, Penerima Hibah Provinsi Kabupaten Kota, Perguruan Tinggi, Partai Politik, BUMD, KPU, Bawaslu, Organisasi Perangkat Daerah, Instansi Pertikal dan Kategori Kabupaten/Kota.

Gubernur Riau, Edy Nasution saat membuka acara penghargaan KI Award 2023 menyampaikan, Komisi Informasi Riau telah melakukan monitoring dan evaluasi kepada seluruh badan publik di Provinsi Riau melalui uji kelayakan dan kepatuhan Badan Publik secara transparan dan terbuka.

Selain melakukan tugas pokok dalam penyelesaian sengketa Informasi Publik, kata Gubri, KI Riau juga melakukan pengawasan terhadap Badan publik monitoring dan evaluasi terkait keterbukaan Informasi Publik pada badan publik di Provinsi Riau.

Oleh karena itu, penyelenggaraan penyerahan piagam KI Riau awards ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dari Komisi informasi Riau dalam menjalankan kewajiban dan mendorong badan publik memberikan akses Informasi Publik bagi masyarakat secara transparan dan terbuka.

"Tentunya sesuai dengan undang-undang keterbukaan Informasi Publik dalam menuju budaya kerja aparatur yang transparan," imbuhnya.

Melalui kegiatan penyerahan Piagam Penganugerahan Komisi Informasi Riau Award 2023, Gubri Edy Nasution berharap dapat memberikan dampak positif dalam keterbukaan informasi kinerja Badan Publik, khususnya dalam program pembangunan Pemerintah Daerah.

Hal ini bertujuan mendorong badan publik untuk meningkatkan pelayanan informasi publik yang transparan dan terbuka sebagaimana yang digambarkan dalam Undang- undang KIP.

Di akhir sambutannya, Edy Nasution  mengucapkan selamat bagi Badan Publik yang meraih Anugerah Komisi Informasi Riau Award Tahun 2023, dan juga tidak lupa ia sampaikan ucapan terima kasih kepada Komisi informasi Riau dan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota, Lembaga Instansi, dan pihak-pihak yang terkait untuk sukses dan lancar kegiatan tersebut.

"Saya mengucapkan selamat bagi Badan Publik yang meraih Anugerah Komisi Informasi Riau Award Tahun 2023," tutupnya.

Saat penyerahan anugerah KI Riau Award Tahun 2023 turut hadir Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat RI, Donny Yoesgiantoro, ketua KI Provinsi Riau, Kepala Dinas Diskominfotik Riau Erisman Yahya, serta tamu undangan lainnya.(SB/Diskominfotik)*

 

Post a Comment

0 Comments