PemkabOKU Selatan

PemkabOKU Selatan
Idhul Adha 1445 H

Revitaliasasi TPSA Di Desa Cibeureum Di Resmikan

Banjar, LHI- Pj Wali Kota Banjar Ida wahidan Hidayati, S.E.,S.H.,M.Si., meresmikan Revitalitasasi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) yang bertempat di Cibeurum Kota Banjar, Kamis (28/12/2023).


Acara tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Banjar, Dandim 0613 Ciamis, Kapolres Banjar, Sekretaris Daerah Kota Banjar, Perwakilan Forkopimda Kota  Banjar, dan para Kepala Perangkat Daerah Kota Banjar dan Pemdes Cibeureum. 



Kepala Dinas Lingkungan Hidup Eri kusmara Wardana, ST.,M.AP mengatakan Alhmdulilah kegiatan TPA Cibeureum sudah terealisasikan insyallah memuaskan mudah-mudah apa yang di resmikan bisa juga bermanfaat bagi penangganan pemprosesan akhir sampah di Kota Banjar ini.



Kegiatan rehabilitasi TPA yang dilakukan pada tahun ini terdiri  dari 4 paket pengerjaan yaitu, pembanguna sel sampah baru, pembangunan jalan inspeksi penampungan air lindi sel sampah aktif.



"Keseluruhan pengerjaan tersebut, mengunakan sumber dana yang berasal dari bantuan Provinsi Jawa Barat dan telah selesai 100 persen, serta siap untuk digunakan dalam pengelolaan akhir sampah. Dengan rehabilitasi ini, diharapkan dapat mengelola sampai 20 tahun kedapan,"ujarnya.



Pj Wali Kota Banjar Ida Wahidan Hidayati mengatakan, pengelolaa  sampah di TPA Cibeureum sudah baik. Menurutnya, pengelolaan sampah di TPA Cibeureum mengunakan metode Sanitary Landfill. Dijelasnya, metode tersebut merupakan sistem pengolahan sampah menggunakan  area tanah yang terbuka dan luas. Pada metode ini, di atas timbunan sampah ditimbun sampah lagi sehingga beberapa lapisan. Setelah itu timbunan sampah ditutup dengan tanah setebal 60 cm atau lebih.



"Saya dulu pernah mempelajari metode pengelolaan sampah dengan Sanitary Landfill. Metode  Sanitary Landfill merupakan metode standar yang banyak dipakai secara internasional. Penutupan sampah yang dilakukan setiap hari, dapat meminimalkan potensi gangguan yang timbul. Namun demikian saya berpesan, pengolahan sampah tersebut baunya jangan sampai menggangu masyarakat sekitar,"jelas Pj Wali kota.


Kegiataan di tutup dengan melakukan penguntingan pita oleh Pj Wali Kota Banjar sebagai tanda diresmikannya Revitalisasi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Cibeureum. (Ade Aris) 

Post a Comment

0 Comments